Cegah Covid-19, Polres dan Pemkab Pessel Gelar Penyemprotan Disinfektan

141

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Kepolisian Resor Polres Pesisir Selatan, Polda Sumatera Barat bersama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Kodim 0311/Pessel, Kejari Painan, Senin (31/3/2020) melakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan, di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan.

Penyemprotan disinfektan, dilaksanakan di ruas jalan kota Painan, Rusunawa, areal Pantai Carocok Painan, jalur dua Salido – Sago, Bayang, pasar Tarusan Kecamatan Koto XI Tarusan, TPI Carocok Tarusan dan Puncak Mandeh. Dengan mengerahkan tiga unit mobil, 1 unit mobil water cannon Polres Pesisir Selatan dan 2 unit mobil Pemadam Kebakaran Pemkab Pesisir Selatan.

Ikut turun dalam kegiatan kali itu, Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni, Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Cepi Noval, S.IK, Dandim 0311 Pesisir Selatan Letkol ( Kav) Edwinguspana, Kajari Pessel Donna Rumiris Sitorus, SH,M.Hum, Kabag, Kasat. Dan, Dinas Kominfo, Kabupaten Pesisir Selatan, Kepala BPBD Pessel Herman Budiarto dan Kasat Pol PP dan Damkar Dailipal.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengatakan bahwa, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Polres Pessel, Kodim 0311/Pessel serta Kajari Pessel cukup, secara bersama – sama penyemprotan cairan disinfektan di seluruh wilayah di Kabupaten Pesisir Selatan di 15 Kecamatan.

” Pemkab Pessel, bersama istansi terkait yang ada. Serius dalam penanganan virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan,” kata Bupati.

Hendrajoni menuturkan, dalam penanganan covid-19 Pemkab Pesisir Selatan telah menyiapkan gedung isolasi, yaitu rusunawa. Termasuk, memperketat keluar masuk kendaraan, mulai dari batas Kota Pessel – Padang, Silaut – Muko – Muko dan Tapan –  Sungai Penuh.

Pada saudara – saudara ada di perantauan agar bisa menahan diri, untuk tidak pulang ke kampung halaman, hal itu sebagi bentuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus Covid – 19.

Menindak lanjuti intruksi Kapolri RI, agar hari ini melaksanakan penyemprotan serentak, Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Cepi Noval, S.IK menuturkan, gerakan serentak penyemprotan secara masif untuk meminimalisir tingkat penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan.

” Besok kita akan lanjutkan ke Selatan sampai ke batas Silaut – Muko – Muko, Tapan – Sungai Penuh ” ujar Cepi.

Sasaran penyemprotan di wilayah kota dan sasaran khusus yang menjadi tempat perlintasan rest area, pemukiman masyarakat, pasar dan obyek fasilitas umum lainya. Yang, sangat rentan dan rawan penyebaran covid-19, untuk itu kita lakukan penyemprotan ini, jelasnya.

“Secara periodik sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona ini akan dilakukan terus menerus, kami juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah hukum Polres Pessel,” tuturnya.

Cepi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan, arahan dan petunjuk resmi dari Pemerintah dengan baik agar penyebaran virus corona dapat dicegah.

Terakhir dirinya berpesan pada masyarakat agar tidak mengadakan kegiatan yang mendatangkan jumlah masyarakat banyak, hal tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. ” Jika himbuan tersebut tidak dipatuhi, maka sangsi tegas siap menanti,” .

Azrizal salah soerang warga TPI Carocok Tarusan mengucapkan terima kasih pada  Kapolri RI, melalui jajaran Polres Pessel, serta Bupati Pessel, Dandim dan Kajari, telah melaksanakan penyemprotan disinfektan di wilayahnya.

” Muda – mudahan wabah virus Covid- 19 segera berlalu, dan aktifitas kembali normal seperti biasa kembali,” jelasnya Azrizal. (R)