Untuk Isolasi 53 Tenaga Medis, Pemkab Pessel Sterilkan Rusunawa Muara Painan

155

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus melakukan sterilisasi lokasi Rumah Susun Sewa ( Rusunawa) di Kampung Muaro Painan, Kenagarian Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, dimana sebagai lokasi Isolasi, Senin (30/3/2020).

Sterilisasi tersebut, yaitu pemasangan seng keliling di areal lokasi Rusunawa tersebut. Sebelum nantinya benar – benar diisi 53 orang tenaga medis, yang sebelumnya diduga ada kontak dengan pasien positif Covid-19.

Hal itu dibenarkan Koordinator Karantina dan Keamanan gugus depan Penangulangan dan Pencegahan Virus Covid-19 Kabupaten Pesisir Selatan, Dailipal, untuk hari pertama baru ada 5 orang tenaga medis diduga kontak dengan pasien positif Covid-19 yang baru masuk ke Rusunawa.

” Kita sterilkan dahulu lokasi areal Rusunawa, baru secara bertahap kita lakukan isolasi tenaga medis ke Rusunawa,” tegas Dailipal.

Diterangkan Dailipal, ada 41 kamar yang ada di Rusunawa, masing – masing kamar, 1 kamar nantinya akan diisi 2-4 orang tenaga medis yang diduga pernah kontak badan dengan pasien positif Covid -19.

Untuk menjaga keamanan di areal lokasi isolasi, Dailipal akan menyiapkan anggotanya, serta berkoordinasi dengan jajaran Kepolisian Polres Pesisir Selatan.

” Tidak semua tamu atau orang bisa masuk dalam Rusunawa, hanya petugas medis telah ditunjuk yang  bisa masuk kedalam,” kata Koordinator Karantina dan Keamanan gugus depan Penangulangan dan Pencegahan Virus Covid-19 Kabupaten Pesisir Selatan.

Lebih jauh dirinya menambahkan, sesuai Standar Operasional Prosedur yang ada, karantina akan dilaksanakan selama 14 hari. (R)