Sekda Irwandi: Pemkab Tanah Datar Bentuk Gugus Tugas Pengendalian Covid-19

261

JURNAL SUMBAR| Batusangkar –  Guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona  atau  covid 19, Pemda tanah datar telah mengambil beberapa langkah kebijakan, sehingga diharapkan  masyarakat Luhak Nan Tuo terhindar dari wabah Corona yang mematikan itu.

Sekda Tanah Datar Irwandi Dt Maruhun Sati S.ssti menjelaskan kepada media Cyber jurnalsumbar.com di Batusangkar, Selasa (17/3/20) sehubungan  maraknya isu virus corona di Sumbar, khususnya di Tanah Datar.

Kebijakan yang telah dilakukan pemda Tanah Datar, sebut Sekda Irwandi yang akrab dipanggil Pak Dt  Maruhun Sati  mencakup pembuatan edaran dan himbauan melalui media yang ada kepada seluruh OPD, Camat,  instansi vertikal, dan masyarakat agar meningkat kan kepaswadaan dan membudayakan hidup bersih.

Sedangkan kepada seluruh puskesmas dan rumah sakit agar memantau dan memberikan pelayanan terhadap masyarakat mengalami keluhan kesehatan yang mengarah kepada indikasi serangan virus corona. ” Kita juga telah membentuk gugus tugas pengendalian penyebaran dan antisipasi bahaya covid 19  melibatkan seluruh OPD, dan unsur forkompinda Tanah Datar ,” tutur pak Datuak.

Dikatakan Pak Datuak, masyarakat Danah Datar yang baru pulang dari luar negeri termasuk pulang umrah tidak luput dari pemantauan gugus pengendalian penyebaran dan antisipasi bahaya covid 19 sekaligus memasukan dalam daftar ODP (Orang dalam pemantauan).

Diinstruksikan juga seluruh OPD sampai ke jajaran pemerintah nagari untuk sementara tidak mengadakan kegiatan yang melibatkan orang banyak sampai batas waktu belum bisa ditentukan, ucap Pak Datuak Maruhun Sati.

Disamping itu, para ASN agar  selektif dan mengurangi tugas ke luar daerah baik diluar Provinsi Sumbar maupun keluar kabupaten.Kalau dilakukan perlu melakukan koordinasi dengan pihak luar memanfaatkan media teknologi,  internet, whatsapp, email atau media lain, tambah Sekda lagi.

Dan kepada masyarakat, Sekda menghimbau agar  tetap tenang dan tidak panik dalam menyikapi pemberitaan terkait covic 19. ” Khusus ASN, dan sekolah belum ada yang diliburkan. Sesuai arahan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno  dalam rakor menyebutkan belum ada satupun masyarakat yang positif Corona ,” pungkas Sekda Irwandi Dt Maruhun Sati S.ssti. habede