BREAKING NEWS; Sah! Kemenkes Setujui Sumatera Barat Terapkan PSBB

723

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

JURNAL SUMBAR | Padang – Permohonan Sumatera Barat (Sumbar) untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah disetujui oleh Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto.

Artinya, kini Pemprov Sumbar sudah bisa menerapkan PSBB tersebut guna mencegah penyebaran Covid -19.
Keputusan PSBB untuk Sumatera Barat ditetapkan Menteri Kesehatan pada tanggal (17/4/2020) tertuang melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/260/2020.

Peningkatan dan penyebaran kasus yang signifikan menjadi penyebab usulan tersebut disetujui, sehingga PSBB sudah bisa diterapkan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

PSBB di Sumatera Barat ditetapkan setelah dilakukan proses kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya oleh tim teknis.

“Usulan Pemerintah Sumatera Barat untuk PSBB telah kami setujui, maka tinggal dilaksanakan oleh mereka,” kata dr. Terawan di Gedung Kemenkes, Jakarta, Jumat (17/4/2020).

PSBB dilaksanakan selama masa inkubasi terpanjang dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran.

Dalam pelaksanaan PSBB pemerintah daerah Sumatera Barat harus mengkoordinasikan persiapan anggaran dan operasionalisasi jaring pengaman sosial untuk kabupaten/kota di wilayahnya, termasuk membantu kabupaten/kota yang belum memiliki persiapan.

Persetujuan PSBB oleh Menteri Kesehatan segera direspon oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan menggelar Rapat Koordinasi penerapan PSBB di Aula Kantor Gubernur pada Sabtu (18/4/2020) esok.

Sebelumnya Gubernur Sumbar, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc. mengatakan, jika disetujui kemungkinan PSBB mulai diterapkan pada 21 April 2020 mendatang. sumber; lintassumbar.