Serahkan APD di Puskesmas Lima Kaum, Wagub NA: Perantau yang Pulang Kampung Harus Jadi ODP

208

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Kehadiran Wagub Nasrul Abit bertujuan menyerahkan bantuan APD ( Alat Pelindung Diri) untuk Puskesmas Lima Kaum I, Kecamatan Lima Kaum Tanah Datar sekaligus memastikan tenaga medis di Pukesmas Lima Kaum yang terkontak langsung dengan satu pasien terkonfirmasi Corona Virus Disease dapat terfasilitasi.

Wagub Sumbar Nasrul Abit mengucapkan syukur, tenaga medis di Puskesmas Lima Kaum I telah memanfaatkan APD lengkap. Itu lah yang kita harapkan, tekan Wagub Nasrul Abit.

Untuk mengantisipasi penyebaran Corona virus, Wagub Nasrul Abit mwngimbau para perantau yang pulang kampung swgera dapat melaporkan keberadaannya ke jorong, wali nagari dan gugus tugas penanganan Corona virus.

Ditegaskan Wagub Nasrul Abit, untuk memutus mata rantai corona kita butuhkan kedisiplinan mematuhi anjuran pemerintah, tim kesehatan dan tenaga pakar. Dengan menuruti anjuran pemerintah, In Sha Allah kita segera keluar dari masalah yang mencemaskan ini, maka nya, setiap pulang kampung harus ODP.

Tentang pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Nasrul Abit mengatakan hasil kesepakatan Bupati dan Walikota se Sumatera Barat, pemerintah provinsi telah mengusulkan ke Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Jika PSBB diberlakukan, mau tidak mau harus kita patuhi dengan minta kerjasama bapak Kapolda, Korem untuk menerapkan peraturan ini supaya kita bisa mematuhi yang kita sepakati, tegas Wagub Nasrul.

Dalam kesempatan, Kepala Pukesmas Lima Kaum I dr. Susi Yulianti menjelaskan tentang isu beredar di tengah masyarakat, pasien terinfeksi corona tersebut ketika berobat, berbaur dengan pasien lainnya. Itu tidak benar. Saat pasien melapor sudah ditangani secara khusus di IGD Corona virus.

Dikatakan Susi, saat Sipasien positiv sedang menjalankan karantina mandiri dirumahnya, dengan mengisolasi keempat keluarga dekatnya, dan petugas kesehatan aktiv mengawasi Sipasien.

Pada kesempatan itu, turut memberikan penjelasan dan sambutan, Kepala Dinas Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen serta dihadiri Ketua DPRD Roni Mulyadi Dt. Bungsu, Kepala Dinas Sosial PPPA Yuhardi, Forkopimca, dan Wali Nagari Limo Kaum Gusrial serta undangan. habede