BREAKING NEWS ; UPDATE Terkini Soal Covid-19 di Pesisir Selatan OTG 2.577 orang

424

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Pemkab Pesisir Selatan, Sumatera Barat, melalui juru bicaranya terkait Covid-19, melaporkan informasi terkini terkait Covid-19. Berikut Update datanya.

A. Update data pada 17 April 2020 dari Pemkab Pesisir Selatan sebagai berikut :

1. Orang dengan status Notifikasi atau Orang Tanpa Gejala (OTG) 2.577 orang.

2. Orang Dalam Pemantauan (ODP) 65 orang.

3. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) *empat orang.
Empat orang PDP tersebut, satu orang dirawat M.Jamil Padang dan tiga orang lagi M.Zen Painan.

4. Pasien yang Positif berjumlah 6 (enam) orang.

Terjadi pernambahan pasien positif sebanyak dua orang, keduanya perempuan. Dari dua orang penambahan tsb, berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab di Labor Unand.

Kasus positif ke-5 (lima) dan kasus ke-6 (enam) diduga disebabkan karena telah terjadi transmisi lokal di Puskesmas Tarusan, berasal dari kasus positif sebelumnya.

5. Pasien sembuh dua orang.

*B. Berkaitan dengan penanganan Covid 19 dapat kami sampaikan :

1. Bahwa jumlah orang notifikasi atau Orang Tanpa Gejala (OTG) dan ODP yang sudah menyelesaikan masa pantauan selama 14 hari kami sampaikan sebagai berikut:
a. Orang notifikasi atau OTG yang selesai menjalani masa pemantauan berjumlah 2.292 orang bertambah 290 orang. Sebelumnya sebanyak 2002 orang.

b. ODP yang selesai menjalani masa pemantauan berjumlah 220 orang.

c. PDP yang selesai menjalani masa pengawasan tiga orang.

d. Pasien sembuh dua orang.

2. Sehubungan dengan adanya kasus nomor 5 (lima) dan kasus ke-6 (enam), saat ini gugus tugas dan seluruh pihak terkait telah mengambil langkah-langkah penting, diantaranya melakukan tracking ke belakang siapa saja yang pernah kontak dengan pasien kasus nomor lima dan enam, terhitung 14 hari sebelumnya.
Mereka yang pernah kontak dengan kasus nomor lima dan enam segera akan diisolasi.

3. Saat ini OTG dan ODP yang menjalani karantina di Rusunawa berjumlah sebanyak 63 orang.

4. Untuk mencegah penularan virus corona di Pesisir Selatan, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, kembali mengimbau masyarakat agar mematuhi instruksi bupati Nomor: 100/08/GTC-IV/2020 tanggal 6 April 2020 yang berisikan antara lain:

a. Masyarakat wajib memakai masker bila beraktifitas di luar rumah dan memakai masker yang terbuat dari kain minimal dua lapis.

b. Bagi perantau yang pulang kampung dan pendatang yang ingin menetap sementara di Pesisir Selatan, agar melaporkan diri kepada wali nagari dan Puskesmas terdekat, serta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

c.Kepada camat, wali nagari dan kepala kampung agar terus mensosialisasikan bahaya covid 19 dan manfaat memakai masker ketika beraktifitas di luar rumah.

5. Sehubungan dengan rencana penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) di Sumatera Barat, Bupati mengingatkan agar Camat dan wali nagari melakukan sosialisasi beberapa hal:

a. Seluruh masyarakat wajib memakai masker bila beraktifitas di luar rumah.

b. Mengendarai sepeda motor tidak boleh berboncengan.

c. Penumpang kendaraan roda empat hanya dibolehkan satu orang untuk satu baris.

d. Berdagang hanya diperboleh pedagang yang berjualan makanan dan sembako.

6. Untuk informasi data covid 19 Kabupaten Pesisir Selatan, dapat melalui link web: https://covid19.pesisirselatankab.go.id

Demikian kami sampaikan terimakasih.

Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Pessel Selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

Rinaldi