Pemkab Tanah Datar Anggarkan Rp7 Miliar Untuk Penanggulangan Virus Corona

115

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Dana sebesar Rp. 7 Milyar lebih yang disediakan pemerintah daerah Tanah Datar  untuk penanganan Corona virus (Covid-19) akan dicairkan bulan April ini, dan sesuai aturan berlaku.

Demikian dijelaskan Sekda Tanah Datar Irwandi Dt Maruhun Sati kepada media cyber jurnalsumbar.com, Rabu(1/4/20) di Batusangkar.

Memang dana tersebut, ucap pak Datuak Maruhun sudah disetujui bupati Tanah Datar, memanfaatkan dana BTT (Belanja Tidak Terduga) APBD Tanah Datar sebesar Rp. 7 Milyar lebih.

Dana tersebut bakal dimanfaatkan untuk pembelian APD (Alat Pelindung Diri) lengkap termasuk masker, biaya operasional posko-posko sampai ke kecamatan dan posko di pintu masuk, biaya edukasi masyarakat, dan insentif petugas.

Dikatakannya, pemerintah daerah tetap mengacu kepada proses pengadaan barang dan jasa.Sebelumnya di atas Rp.200 juta harus dilelang tetapi sekarang bisa ditunjuk langsung.Penyedianya harus ditunjuk PPK (Pejabat Pembuat Komitmen).

Ditegaskan pak Datuak Maruhun, proses pengadaan harus mendapat pendampingan APIP dan penegak hukum demi kemulusan pelaksanaannya nanti – habede.