Diduga Gagal Ginjal, Seorang Pasien PDP Asal Dharmasraya Meninggal di RSUP Dr. M. Djamil Padang

1526

JURNAL SUMBAR| Dharmasraya – Seorang warga Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat dalam status PDP Covid-19 meninggal dunia di rungan perawatan RSUP Dr. M. Djamil Padang pada Sabtu (9/5/) malam. Pasien berstatus PDP itu meningal diduga gagal ginjal.

Pada malam itu juga jenazah pasien tersebut langsung di makamkan sesuai dengan protap pemakaman Covid-19 di Dharmasraya.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, dr Rahmadian saat di hubungi awak media melalui hendphone selulernya membenarkan kasus tersebut.

Ia menyebutkan pasien berinitial YM, 50 tahun jenis kelamin permpuan itu beralamat di Jorong Lagan Jaya Sipangkur itu meninggal di RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Kronologisnya, tiga bulan yang lalu keluarga pasien meminta surat rujukan ke Puskesmas Tiumang, karena pasien di rawat di RSUD Sungai Dareh dengan menjalani cuci darah rutin sekitar 8 bulan yang lalu.

“Dan tanggal 7 Mei 2020, pada Kamis, jam 07.14 WIB, pasien masuk IGD RSUD Sungai Dareh dilakukan pemeriksaan rontgen dan pemeriksaan labor (trombosit). Dan dirujuk dgn Diagnosa GGK + ulkus pepticum + Trombositopeni. Pasien merupakan pasien rutin cuci darah di RSUD Sungai Dareh,” sebut Ramahdian.

Selama 8 bulan terakhir dengan jadwal Selasa dan Kamis, pasien tidak dirawat dan dihari yang sama di rujuk ke RSUP Dr. M. Djamil Padang sekitar jam 21.00 WIB. Pada tanggal 8 Mei 2020 jam 07.24 WIB pasien masuk RS M.Djamil Padang, Info dari RSUP Dr. M. Djamil Padang, pasien sudah di ambil swab dan hasil masih menunggu,”jelas Ketua Gugus Tugas Covid-19 Dharamsraya itu.

Pasien yang meninggal di RSUP Dr. M. Djamil Padang pada Sabtu (9 Mei 2020-red) itu diketahui dari hasil diagnosa PDP Covid-19 dengan gagal ginjal dan trombositopenia dan saat itu juga sudah di lakukan penanganan sesuai dengan SOP Covid-19 yang di lakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 RS M Djamil Padang.

“Dan saat ini Tim Gugus Tugas Penanganan Covid -19, baik dari kabupaten dan kecamatan sudah berada di Kecamatan Tiumang untuk melakukan pemakaman warga tersebut sesuai dengan protap Covid -19,”ucap Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, dr Rahmadian kepada Eko kontributor Jurnalsumbar.Com di Dharmasraya pada Minggu (10/5/2020).

Walinagari Sipangkur, Arif Gumensa yang di hubungi melalui hendphone selularnya, membenar salah satu warganya meninggal dunia dalam perawatan di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Warga tersebut mengalami sakit ginjal,”jelas walinagari kepada Eko kontributor Jurnalsumbar.Com.

“Dan tadi malam sekitar jam 19.55 WIB kami dapat informasi adanya salah seorang warga Jorong Langgam Jaya Nagari Sipangkur, Kecamatan Tiumang meninggal di RSUP Dr. M. Djamil Padang dalam setatus PDP, berinisial YM umur 50 tahun jenis kelamin permpuan.”

“Dengan mendapat Informasi tersebut kami bersama Pemeritah Kecamatan Timuang mengadakan rapat malam itu untuk mengambil langka-langka untuk melakukan pemakaman terhadap warga kami yang meninggal dunia tersebut sesuai dengan pengangan atau SOP Covid-19 pemakaman di lakukan menjelang subuh (Minggu,10/5/202-red) karena mobil ambulance berangakat dari Padang sekitar jam satu malam (01.00 Wib, Minggu 10/5/2020-red) dini hari,”ucap Walinagari Sipangkur, Arif Gumensa. eko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here