Lisda Hendrajoni Serahkan Bantuan Paket Sembako Pada Kader PKK Terdampak Covid-19

236

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Ketua TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni, menyerahkan secara simbolis bantuan paket sembako dari pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, untuk kader PKK  yang  terdampak Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Bantuan paket sembako diterima oleh perwakilan untuk diserahkan kepada warga dan kader PKK yang kurang mampu atau terdampak Covid-19, yang ada di wilayahnya Pesisir Selatan.

Lisda Hendrajoni, Kamis (14/5/2020), mengungkapkan, pihaknya memberikan bantuan  kepada kader PKK yang terdampak Covid-19,  untuk membantu meringankan biaya kebutuhan sehari-hari.

“Kita dari TP PKK membantu kader kader PKK yang terdampak dari Covid’19
dalam hal ini kita memberikan paket sembako,”jelas Lisda.

Kader PKK adalah juga pekerja sosial, mereka tidak digaji namun bekerja berdasarkan ketulusiklasan.

Ditambahkan Lisda Hendrajoni bahwa TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan bekerja sama dengan Dinas Perikanan setempat mencanangkan program gerakan ‘Sejuta Kolam Rumah Tangga’.

Kolam Rumah Tangga yang dimaksud yaitu masyarakat membuat kolam ikan dengan memanfaatkan lokasi pekarangan rumah masing-masing. Sedangkan untuk bibit ikan akan dibantu gratis oleh Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan sesuai dengan kapasitas kolam yang telah disediakan oleh masyarakat.

Ketua TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni menambahkan bahwa saat ini TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan mencanangkan gerakan Sejuta Kolam Rumah Tangga. 

Ia menilai gerakan tersebut akan memiliki dampak yang baik untuk masyarakat karena hanya dengan memanfaatkan pekarangan untuk membuat kolam maka kebutuhan ikan keluarga sudah terpenuhi.

Lisda juga menambahkan melalui gerakan ini juga akan dapat memberdayakan masyarakat agar memiliki jiwa wirausaha berskala kecil dengan memanfaatkan potensi lahan pekarangan untuk kegiatan ekonomi. 

Ia juga mengajak para kader PKK se-Kabupaten Pesisir Selatan untuk ikut dalam program tersebut karena gerakan Sejuta Kolam Rumah Tangga dapat memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat.

“Dengan gerakan ini semoga akan dapat membantu menambah penghasilan keluarga. Untuk itu kita juga berharap agar masyarakat ikut menjalankan gerakan ini, mari segera siapkan kolam di rumah maka akan dibantu bibit ikan gratis,”tutupnya.RD