Relawan PMI Tanah Datar Ikuti Pelatihan Penanganan Jenazah Pasien Terpapar Corona

230

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Sejumlah relawan PMI (Palang Merah Indonesia) Tanah Datar mengikuti pelatihan dan simulasi penanganan pengamanan jenazah akibat terpapar virus corona dan diduga memiliki gejala mirip Corona yang mengacu protokol kesehatan.

Mereka dibekali cara proses serah terima jenazah dari pihak rumah sakit sampai proses pemakaman, dan cara menangani ODP atau PDP yang meninggal sesuai persetujuan keluarga dan berdasarkan protokol covid-19.

Aktivitas pembekalan dan simulasi, sebut Kepala Markas PMI Tanah Datar sekaligus koordinator relawan gugus tugas Ungadi, Selasa (5/5/20) diselenggarakan di posko gugus tugas Covid gedung Suri Maharajo Dirajo Batusangkar.

Dikatakan Ungadi, simulasi dan pembekalan termasuk cara memakai APD lengkap, mulai dari baju hazmat, masker, penutup kepala, kaca mata, sarung tangan, sepatu boots dan perlengkapan lain.Aktivitas ini dilakukan tenaga kesehatan Rumah Sakit dan rohaniawan Islam.

Terkait penyelenggaraan jenazah hingga pemakaman, tim memiliki anggota lima orang yang bertugas sejak proses penyelenggaraan sampai pamakaman, pungkas Ungadi – habede.