Tangani Covid-19, Anggaran Dana Desa di Sijunjung Dialokasikan Untuk BLT DD Hingga Rp17,9 Miliar

786

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kepala Dinas PMN Sijunjung, Sumatera Barat, Khamsiardi, menyebutkan, untuk menangani dampak Covid-19 di nagari-nagari di daerah itu, setidaknya ada sekitar Rp17,9 miliar anggaran dana desa dimanfaatkan oleh Pemerintahan Nagari untuk bantuan tunai langsung dana desa (BLT DD).

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas PMN Sijunjung, Sumatera Barat, Khamsiardi, dalam jumpa persnya pada Senin (11/5/2020).

Jumpa pers yang berlangsung di Balairung Lansek Manih itu dipimpin Kadis Kominfo Sijunjung, Rizal Efendi dan dihadir Camat Sijunjung, Khalfian dan pada acara itu juga dihadiri dari pihak Dinas Kesehatan, Kasi Humas Djonedi Deyusa dan Kabid PIKP Nanung Margono juga hadir.

“Kami berharap bantuan tunai langsung dana desa (BLT DD) bagi penerima manfaat ini hendaknya tepat sasaran. Bantuan BLT ini akan diterima warga melalui nagari yang diserahkan pihak Bank Nagari,”terang Khamsiardi.

Ditambahkan Khamsiardi, kriteria penerima BLT dana desa tidak menggunakan 14 kriteria program keluarga harapan (PKH). Ukuran utama yang digunakan adalah penerima yang tidak mendapatkan bantuan sosial (bansos) seperti PKH dan yang telah dikeluarkan dari Covid-19.

“Tidak menggunakan 14 kriteria PKH, kriteria miskin di sini adalah ukuran kehilangan mata pencarian. Itu utama, ”imbuhnya.

“Data penerima manfaat akan dicocokkan melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jika diterima dan belum mendapatkan bansos, maka BLT dapat menerima dana desa,”tambah Khamsiardi.

Ditambahkan Khamsiardi, setidaknya ada tiga kriteria utama syarat, penerima BLT DD, pertama; kehilangan mata pencarian, kedua belum terdata, belum terdata sebagai pnrima bantuan-bantuan DTKS, BLT Provinsi ketiga mempunyai aggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

“Kemudian data-data tersebut dibahas dalam musyawarah khusus nagari untuk validasi,finalisasi dan penetapan KK calon pnerima BLT DD yang dtuangkan dalam berita acara yang dtandatangani Walinagari dan BPN,”papar Khamsiardi.

Disebutkannya, BLT DD itu sebelumnya sudah diserahkan pada Nagari Palaluar.

“Dan hari ini (Senin,11/5/2020) ini BLT DD akan diserahkan pada lima nagari, yakni Padanglaweh, Muarobodi Taratakbaru, Taratak Baru Utara dan Sibakur. Besok (Selasa, 12/5/2020-red) juga akan diserahkan pada dua nagari yakni Nagari Langki (Tanjung Gadang), dan Nagari Kotobaru (IV Nagari). saptarius