Kemenag Tanah Datar Lakukan Pembinaan dan Evaluasi Terhadap Guru TPA/TPSA

82

JURNAL SUMBAR | Batusangkar –  80 orang anggota BKS (Badan Kerja Sama ) Guru TPA / TPSA Kabupaten Tanah Datar mengikuti Pembinaan dan Evaluasi Tim Pembina Guru Lembaga Pendidikan Al Qur’an (LPA), termasuk Petugas dan Imam Masjid Se Kabupaten Tanah Datar. Demikian dijelaskan Humas Kemenag Yondri kepada awak media di Batusangkar, Senin (28/6/20 )

Dikatakan Yonadri, Pembinaan dan Evaluasi Tim Pembina Guru LPA diberikan Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Datar H. Syahrul, Kamis (25/6/20) di aula kantor bupati Tanah Datar, Pagaruyung.

Dalam arahannya, H. Syahrul merasa gembira atas kerjasama yang dibina selama ini antara Pemerintah Daerah dengan Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar dengan memberikan sertifikat/sertifikasi (profesional) kepada para guru TPA dan sertifikat akreditasi kepada Rumah Tahfiz di Tanah Datar.

H. Syahrul juga mengharapkan  Pemerintah Daerah Tanah Datar dapat memberikan pembinaan berkala kepada guru guru TPA/TPSA dan LPA secara berkala lima kali setahun dengan biaya Pemda Tanah Datar.

Seterusnya Kabag Kesra H. Afrizon meyebutkan tahun 2020 telah diserahkan insentif kepada 2.100 orang guru TPA/TPSA dan LPA se Tanah Datar. Tanah Datar saat ini memiliki 178 buah Rumah Tahfiz. 14 buah rumah Tahfiz  binaan Pemda Tanah Datar, ucap Afrizon.

Ke – 14  Rumah Tahfiz difasilitasi dengan petugas dan Imam Masjid  dan diberi kesejahteraan honorariumsebesar Rp. 1 juta masing-masing setiap bulan.

Dan setiap pendirian TPA/TPSA di Tanah Datar harus memiliki surat izin operasional dari Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar, ujar Afrizon seraya mengatakan Pemda Tanah Datar saat ini sudah melancing data aplikasi e- Tahfiz, juga akan melouncing data e-TPA,  e-Masjid .

Aktivitas itu dihadiri Kasi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren Kantor Kemenag H. Masnefi, MS, Kasi Bimas H. Alinardius, Kepala BKS Tanah Datar H. Syafri, dan staf lain – habede.