Suhu Politik Jelang Pilkada Sijunjung Menghangat, “Putra Mahkota” Dikepung

1655

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Peta politik jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat kian berobah. Tak ayal, suhu politik pun turut memanas.


Berebut menjadi orang nomor satu di rumah bagonjong ini

Di predeksi bakal calon bupati dan wakil bupati (bacalbup/bacawabup) Sijunjung ada sekitar lima pasang calon (Paslon). Diantaranya terdapat nama Benny “Putra Mahkota” Dwifa Yuswir yang bakal berpasangan dengan Irradatillah yang siap maju di Pilkada Sijunjung. Bahkan kedua nama ini sejak lama kian santer disebut-sebut siap bertarung merebut singgahsana kursi yang bakal ditinggalkan Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin.

Paslon Benny “Putra Mahkota” Dwifa Yuswir – Irradatillah bakal diusung Partai Nasdem dan PPP.

Namun langkah Benny “Putra Mahkota” Dwifa Yuswir – Irradatillah menuju rumah “bagonjong” Ranah Lansek Manih itu tak akan semulus jalan tol Jagorawi. Pasalnya, ada kemungkinan empat paslon bupati/wabup lainnya yang bakal siap berebut BA 1 K untuk masa bakti 2021-2026 itu.

Tak bisa dipungkiri, meski belum satupun paslon mendeklarasikan diri, namun nama-nama mereka telah mencuat bahkan kian mengerucut. Sebut saja nama paslon Ashelfine “Pepen” – Sarikal juga bakal siap bertarung berebut BA 1 K di Pilkada Sijunjung.

Pengalaman di Pilkada sebelumnya membuat langkah Pepen bakal mulus. Namun tentu tak akan semulus yang dibayangkan karena dia akan bertarung dengan Benny-Irradatilla yang juga berada di kecamatan yang sama.

Tak hanya itu, nama lain muncul bakal berpasangan Liswandi-Hendri Susanto. Kabarnya, Liswandi pun sudah dapat restu dari DPP Partai Demokrat. Hal itu pun dibenarkan Sekretaris DPC Sijunjung, Zulfahmi.

“In sha Alloh paslon Liswandi-Hendri Susanto akan mendeklarasikan diri bersama paslon calon kepala daerah lainnya. Demokrat akan melakukan Deklarasi pada 3 Juli 2020 ini,”kata Zulfahmi kepada awak media, Senin (29/6/2020) via telepon selularnya.

Bukan itu saja, nama paslon Arrival Boy-Mendro Suarman juga bakal maju, bahkan pasangan ini dikabarkan akan diusung Partai Gerindra dan Golkar. Hal itu pun dibenarkan Ketua DPC Gerindra Sijunjung, Syahril Syamra.

“In sha Alloh kami siap mengusung Arrival Boy – Mendro Suarman maju di Pilkada Sijunjung dan pasangan ini layak untuk memimpin Sijunjung,”ucap Syahril Syamra didampingi Sekretaris DPC Gerindra Nazwardi dan Ketua OKK Partai Gerindra, Nurhasman pada Senin (29/6/2020).

Selain itu, di jalur perseorangan terdapat nama Endre Syaifoel-Nasrul. Paslon ini pun tak bisa dianggap enteng. Mengantongi 24 ribu KTP (dukungan), Paslon ini pun bisa mengganjal langkah “Putra Mahkota”.

“Kami siap bertarung di Pilkada Sijunjung,”ucap Haji Wen mantan anggota DPR RI itu suatukali pada awak media.

Tapi nama-nama yang mencuat itu belum final, maju atau tidaknya kepastiannya pada pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Politik itu dinamis dan tak bisa ditebak karena ibarat sikulit bundar. Ingat, ini hanya predeksi, jadi maju atau tidaknya para paslon bupati/wabup itu tergantung partai pengusung dan kandidat itu sendiri.ius