Mengabdi Selama 1 Tahun 4 Bulan di Kodim 0310/SS, Letkol Inf Dwi Putranto, S.A.P. Alih Tugas ke Mabesad

3771

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Tak terasa, genap satu tahun empat bulan, Letkol Inf Dwi Putranto, S.A.P, mengabdi di Kodim 0310/SS Rem 032/Wbr. Kini, sosok perwira menengah itu segera beralih tugas ke Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Mabes TNI AD).

Pria yang ramah dan penyapa— yang tak pernah marah ini—akan diganti Letkol Inf Endik Hendrasandi mantan Dansecata B Padang Panjang.

“Assalaamu’alaikum Wr Wb Pak Sapta.. Ijin pamit dari Ranah Minang ke Jakarta di Mabesad mohon maaf bilamana ada salah dan khilaf selama ini.. Doa terbaik selalu untuk Pak Sapta sekeluarga Aamiin.. Yaa.. Robb 🙏🙏🙏🙏,”ucap Letkol Inf Dwi Putranto, S.A.P itu pada awak media dalam pesan singkatnya melalui Whatsapp pada Sabtu (24/7/2020).

Pada 14 Maret 2019 lalu, Letkol Inf Dwi Putranto, S.A.P resmi bertugas di Kodim 0310/SS menggantikan Letkol Inf Irvan Yusri, S.IP yang pada saat itu alih tugas sebagai dosen muda di Sekolah Staf dan Komandan Angakatan Darat Bandung.

Selama bertugas di Kodim 0310/SS banyak kegiatan yang telah dilaksanakan dengan baik oleh Letkol Inf Dwi Putranto, S.A.P. Ia dikenal sosok Dandim yang peduli rakyat. Bahkan saban bulan perwira menengah itu menyambangi warga kurang mampu dan berbagi rezeki.

Memiliki jiwa dan sosial yang tinggi, membuat Letkol Inf Dwi Putranto, S.A.P di sayang rakyat. Bahkan tiap ada kegiatan di daerah-daerah pelosok, ia bersama anggotanya selalu terjun ke lapangan.

Pada kegiatan TMMD, telah banyak pembukaan jalan baru dibangunnya. Ia berhasil membebaskan warga dari ke itosoliran. Kegiatan TNI manunggal membangun desa (TMMD) di Nagari Langki diwilayah Kodim 0310/SS, misalnya.

Selain pembukaan jalan kurang lebih 10 kilometer, kegiatan lain yang dilakukan TNI yakni, pembagunan gorong-gorong, jambatan, kegiatan non fisik, dan lainnya.

Belum lagi kegitan lainnya, seperti masalah pertanian misalnya. Menyikapi kelangkaan pupuk di Kota Sawahlunto, di tengah-tengah masuknya musim tanam untuk sawah tadah hujan, Kodim 0310/SS bagikan BIOS 44 kepada petani sebagai solusi terbaik untuk hasil yang lebih baik.

Dandim 0310/SS Letkol Dwi Putranto S.I.P,.M.I.POL. melalui Danramil 05/ Talawi Kapten Arh. Muhammad Ferizal beserta anggota melaksanakan penyerahan BIOS 44 sebanyak 22 Jerigen dan disebarkan secara bertahap di Kelompok Tani (Poktan) Hamparan Pasaunan Dusun Tapian Nambar, Desa Talawi Mudiak, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto kala itu.

Selain itu, Letkol Inf. Dwi Putranto juga peduli dunia pendidikan. Bahkan ia tak sungkan-sungkan untuk melakukan bakti sosial. Salah satu contoh, SMA 1 Pulau Punjung, ia melakukan gotoroyong bersama.

Dalam kegiatan kepedulian Anggota Koramil 03 Pulau Punjung pada dunia pendidikan, mereka melakukan pembersihan pada lingkungan sekolah kemudian penyemprotan cairan desinfektan terhadap rungan sekolah dalam pademi covid -19 ketika itu.

Banyak hal yang telah dilakukan Letkol Inf. Dwi Putranto selama bertugas di Kodim 0310/SS. Selamat Bertugas Ndan..! Semoga Selalu Ada di Hati Rakyat..! saptarius