Bupati Irfendi Arbi Raih Penghargaan Kinerja Koperasi Terbaik Tahun 2020

295

JURNAL SUMBAR | Limapuluh Kota – Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi kembali menambah koleksi penghargaannya. Berkat keseriusan dan kerja keras, serta perhatiannya dalam memberdayakan koperasi di daerahnya, kali ini Irfendi Arbi sukses meraih prestasi bidang koperasi untuk kategori Daerah dengan Kinerja Koperasi Terbaik Tahun 2020.

Piagam penghargaan itu diberikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno kepada Irfendi Arbi dalam Puncak Acara Peringaran Hari Koperasi ke-73 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat di Padang, Rabu (22/7/2020).

Bupati Irfendi Arbi yang ditemui usai acara mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pengembangan koperasi di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Saya sangat bersyukur dengan diperolehnya penghargaan ini dan berterimakasih kepada semua pihak serta pelaku koperasi yang telah bekerja keras mengembangkan koperasi di daerah ini. Kita berkomitmen untuk terus membawa seluruh koperasi di Kabupaten Limapuluh Kota ke arah yang lebih baik lagi,” ujar Irfendi Arbi.

Ia juga berharap, apresiasi pemerintah provinsi itu mampu memberian motivasi kepada seluruh koperasi di daerah ini untuk terus meningkatkan perkembangan koperasi serta kesejahteraan bagi anggotanya dan masyarakat.

“Saya ingin ke depannya koperasi kita terus memberikan kredit bagi anggotanya serta terus meningkatkan perannya dalam memajukan usaha kecil dan menengah di Kabupaten Limapuluh Kota agar usaha masyarakat tersebut mampu bersaing,” ucap Irfendi.

Sejumlah tokoh koperasi mengapresiasi keberhasilan Irfendi Arbi itu. Mereka optimis perkoperasian di Kabupaten Limapuluh Kota selama kepemimpinan Irfendi Arbi akan terus berkembang dan maju. Meski senantiasa digoyang dengan berbagai intrik politik namun Irfendi Arbi tetap bisa menunjukan kinerja luar biasa dan menghadiahi daerahnya dengan berbagai penghargaan.

“Luar biasa. Saya mengapresiasi keberhasilan Pemkab Limapuluh Kota di bawah kepemimpinan Bupati Irfendi Arbi yang sukses merebut penghargaan sebagai Daerah Dengan Kinerja Koperasi Terbaik Kategori Kabupaten Tahun 2020. Prestasi ini tentu diharapkan bisa menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus meningkatkan perkoperasian di Kabupaten Limapuluh Kota ungkap Pengurus PKPRI Wilayah Sumbar Ir. Harmailis, M.Si yang juga mengikuti acara secara virtual di Kampus Politeknik Pertanian Payakumbuh di Tanjung Pati.

Menurut Harmailis yang juga Wakil Direktur Politeknik Pertanian Payakumbuh itu, Bupati Irfendi Arbi memang patut menerima penghargaan bidang perkoperasian karena ia mengetahui bupati ini sangat antusias melakukan pembinaan bahkan sering mengikuti langsung RAT koperasi di berbagai tempat.

“Penghargaan itu merupakan wujud perhatian Pemkab Limapuluh Kota terhadap perkoperasian di daerahnya. Saya melihat, selama ini Bupati Irfendi Arbi memang komit untuk merubah koperasi ke arah yang lebih baik,” ungkap Harmailis.

Lebih lanjut dikatakan Harmailis, kiprah Irfendi Arbi di dunia perkoperasian ini memang patut mendapatkan acungan jempol. Tak hanya sekarang, sebelumnya ia juga banyak mendulang berbagai prestasi termasuk di bidang perkoperasian.

Apresiasi serupa juga dilontarkan Ketua Dekopinda Kabupaten Limapuluh Kota drh. Harmen yang ikut menghadiri acara.

“Kita mengapresiasi Bupati Irfendi Arbi dan dinas terkait yang telah melakukan pembinaan terhadap koperasi selama ini. Tak kalah membanggakannya,saat ini di daerah kita sudah ada sebanyak 9 unit koperasi yang memiliki pola syariah,” ujar Harmen yang juga mantan anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota.

Harmen berharap, ke depannya bupati dan dinas terkait terus melakukan lobi-lobi yang lebih intensif lagi untuk permodalan, pembinaan dan pelatihan. Selain itu juga mendorong seluruh koperasi menyiapkan perubahan Badan Hukum sesuai aturan berlaku.

Senada, Ketua Pengawas Koperasi Sutra Ketinggian Nagari Sarilamak Umril Dt. Bagak juga menilai Irfendi Arbi memang memiliki komitmen dan aktif mendorong kemajuan koperasi di daerahnya. Hal itu tampak dari kegiatan bupati yang senantiasa mendatangi dan memberikan motivasi kepada koperasi- koperasi yang tersebar di daerah ini.

“Apa yang persembahkan Bupati Irfendi Arbi ini patut kita apresiasi dan dukung. Kita berharap penghargaan itu menjadi pelecut bagi seluruh pihak di daerah ini untuk mendorong koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat ke arah lebih baik lagi,” harap pengawas koperasi yang beranggotakan 800 orang tersebut.

Ia berharap Pemkab Limapuluh Kota melalui dinas terkait untuk tetap melakukan peningkatan sumberdaya pengurus koperasi ke depannya.

Sebelumnya Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki dalam pidatonya pada peringatan Hari Koperasi Nasional ke-73 Tahun 2020 yang dibacakan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi ujian di tengah pandemi Covid-19. Dimana pertumbuhan ekonomi nasional sedang mengalami tantangan yang cukup serius, angka kemiskinan dan pengangguran meningkat. Dunia usaha, terutama Koperasi dan UMKM mengalami dampak yang berat dari sisi produksi, pemasaran dan pembiayaan.

Tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian nasional tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk, tetapi juga menjadi momentum untuk menghadirkan visi baru di tengah perubahan sosial – ekonomi yang sangat dinamis.

“Kita berharap agar Koperasi di Indonesia mampu menjawab tantangan zaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya. Mari kita kobarkan semangat dengan menjadikan koperasi sebagai kekuatan ekonomi rakyat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional,” papar menteri.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Limapuluh Kota Ayu Mitria Fadri, S.Si, M.MPd menjelaskan, penghargaan bidang koperasi untuk kategori kabupaten tingkat Sumbar itu berhasil diraih karena kiprah, perhatian dan keseriusan pemerintah daerah membina dan memotivasi organisasi ekonomi tersebut. Sehingga, jumlah koperasi aktif dan yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), kinerjanya serta jumlah NIK koperasi di daerah ini dinilai besar.

“Selain itu, kehadiran Bupati Irfendi Arbi dalam berbagai kegiatan koperasi seperti mengikuti Rapat Anggota Tahunan (RAT) juga tinggi. Begitu pula pembinaan dinas terkait serta koordinasi dengan dinas di provinsi, sangat baik,” papar Ayu.

Dijelaskan, saat ini jumlah koperasi di Kabupaten Limapuluh Kota yang aktif sebanyak 148 koperasi dan sebanyak 9 unit diantaranya berbentuk syariah. Sedangkan yang sudah melaksanakan RAT sebanyak 70 koperasi.

“Bahkan selama pandemi covid-19 ini tetap ada tiga unit koperasi yang melaksanakan RAT secara daring (on-line) dan ketika masa new normal ada 7 koperasi yang telah melaksanakan RAT secara tatap muka dengan perwakilan dan mengikuti protokoler kesehatan,” tutur Ayu. (Webtorial)