Kompor Meledak, Warga Jorong Jambak Sianok Agam Tewas Hangus Terbakar di TKP

2307

JURNAL SUMBAR | Agam – Diduga kompor minyak tanah meledak usai memasak,  seorang lelaki berinitial IMR, 75 tahun, warga ajorong Jambak, Kenagarian Sianok VI Suku, Kecamatan IV Koto, Agam, pada Rabu (19/8/2020) meninggal di tempat kejadian peristiwa (TKP).

Menurut salah seorang warga, Eli yang bersebelahan rumah dengan rumah korban, ia mengetahui setelah melihat asap mengepul dari dapur korban,  dan warga sekitar berhamburan memberikan pertolongan. 

Setelah saksi dan warga sekitar sampai di TKP terlihat sekujur tubuh korban telah hangus terbakar, dan korban diperkirakan meninggal di tempat. Untuk menghindari resiko kobaran api lebih besar, masyarakat langsung melakukan pemadaman api dan tidak menjalar ke bangunan rumah yang ditempati korban.

Saat petugas Damkar Gabungan Agam dan Bukittinggi sampai di lokasi api sudah dapat dipadamkan. 

Dari keterangan saksi dan warga sekitar, korban diketahui tinggal seorang diri di rumah tersebut, dan kondisi terakhir dari pantauan warga korban agak kurang sehat karena kondisi usia.

Dari pantauan dilapangan dan keterangan saksi diperkiran korban terpeleset dan jatuh sehingga menyenggol kompor yang diduga masih menyala,  akibatnya kompor jatuh dan api menyambar pakaian. Untuk mengetahui penyebab lebih lanjut, Polres Bukittinggi melalui Polsek IV Koto sedang melakukan penyidikan mendalam unt mengungkap penyebab insiden tersebut. 

Tampak hadir di lokasi forkopimca IV Koto, Walinagari Sianok VI Suku, Camat IV Koto, Ekko Espito didampingi walinagari Sianok VI Suku kepada media ini mengatakan, di musim kemarau ini masyarakat agar waspada terutama resiko kebakaran.

Ekko Espito memuji cepat tanggap masyarakat dalam menananggulangi musibah ini dan mengubungi Damkar serta pihak terkait.  “Walau terdapat satu orang warga kita yang menjadi korban, mari kita ambil hikmah dari musibah ini. Dengan tindak cepat masyarakat musibah ini dapat ditanggulangi lebih dini sehingga kerugian material dapat dihindari,”tambah Ekko.

Selanjutnya korban dimakamkan hari itu juga di pemakaman perkuburan keluarga.ridwansyah-ut