Hasil Seleksi 13 Capim BazNas Sijunjung Dipertanyakan, Ini Penjelasan Drs. Afrizal Thaib, MPd 

324

Inilah ke-13 Caoim BazNas Sijunjung tengah menunggu hasil test seleksi

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Hampir tiga bulan sejak seleksi, namun hasil seleksi 13 orang Calon Pimpinan (Capim) Badan Amil Zakat Nasional (BazNas) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, periode 2020 – 2025 hingga kini tak berkejelasan.

Padahal ke-13 peserta seleksi itu telah mengikuti test tertulis di Aula Kantor Kementrian Agama setempat, pada Rabu 19 Agustus 2020 lalu.

Sayangnya, hingga kini belum juga ada kejelasan dari pihak Timsel (Tim Seleksi) apa hasilnya. Ke-13 peserta yang berebut jadi Capim Ketua BazNas itu, terdiri dari; H. Dharmawan, SH, Drs. Gusman, Hj. Helmi Hayati, S.Ag.MM, H. Hidayatullah, Lc.MA, H. Kasman, BA, Dra. Rasmiwarni, Drs.H. Ruhil Kudus, Nofriadi, S.Pd.I, Syafarudin, S.Ag, H. Syahril, SH, Syamartizen Dt. Intan Batuah, H.Yohandrizon Syamsu, SP dan H.Yusri.I. S.Pd.I.

Menanggapi hal itu, dengan tegas Kepala Kantor Kementerian Agama Sijunjung, Drs. Afrizal Thaib, MPd, menyebutkan, bahwa hasil peserta Capim Ketua BazNas itu sudah dikirim ke BazNas Pusat (Jakarta-red).

“Kita menunggu mana yang akan direkomendasi BazNas (Pusat-red) untuk lima besarnya. Nantinya, pihak BazNas pusat akan menghubungi peserta terutama yang nilai lima besar. Jika ada lima besar tak berhasil dihubungi akan dihubungi yang berikutnya,”kata Kepala Kantor Kementerian Agama Sijunjung, Drs. Afrizal Thaib, MPd, kepada Jurnalsumbar.Com belum lama ini.


Kepala Kantor Kementerian Agama Sijunjung, Drs. Afrizal Thaib, MPd,

“Nah, hasil rekomendasi BazNas pusat itu nanti akan diserahkan ke Bupati Sijunjung untuk diterbitkan SK (surat keputusan) nya. Kita juga tidak tahu siapa yang direkomendasi Tim BazNas (Pusat). Yang jelas, pertengahan November 2020 ini hasil rekomendasi itu bakal segera kita terima,”paparnya.

Mantan Ketua BazNas Kabupaten Sijunjung, H.Yusri.I. S.Pd.I, menanggapi hal itu hanya dingin. “Sejak awal kami pengurus lama sudah mundur dan tak ada niat untuk maju. Kami karena disuruh juga maju lagi, ya kami maju. Kalaupun tak terpilih kami tak masalah,”ucap Yusri belum lama ini di rumah bupati.

Seperti diberitakan sebelumnya, menurut Sekdakab Sijunjung, Zefnihan selaku ketua panitia pelaksana menyebutkan, seleksi tertulis itu merupakan tahap kedua dari pelaksanaan pemilihan ketua BazNas tersebut, sementara tahap pertama yaitu pendaftaran yang dimulai dari tanggal 1 Juli sampai 10 Agustus 2020 lalu.

“Tahap kedua ini adalah tes tertulis yang diikuti oleh 13 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 2 orang perempun. Sementara tahap ketiga yaitu tes wawancara yang laksanakan pada Senin, (24/8/2020-red)”,ujar Zefnihan.

Dari 13 orang tersebut, nantinya akan terpilih 5 orang Capim BazNas periode 2020 – 2025 yang akan diajukan untuk mendapatkan pertimbangan dari BazNas Pusat.

Bahkan kala itu, Bupati Sijunjung H.Yuswir Arifin pada acara pembukaan tersebut mengucapkan selamat kepada 13 orang peserta Capim BazNas Kabupaten Sijunjung periode 2020 – 2025 yang mengikuti tes tertulis tersebut.

“Semoga seluruh proses pemilihan pimpinan BazNas ini berjalan dengan baik dan lancar, sehingga nantinya akan terpilih lima orang pimpinan BazNas yang terbaik dan amanah hendaknya”, ujarnya

“Ke 13 orang calon ini adalah orang-orang terbaik , namun pimpinan BazNas hanya ada lima pimpinan yang telah disesuaikan dengan bidangnya. Nah, karena itulah, kita harus melakukan seleksi untuk mencari lima pimpinan tersebut. Kita harapkan betul betul yang profesional dan mengerti tupoksi sesuai dengan bidangnya masing masing nantinya”, pinta Bupati Yuswir Arifin kala itu.ius