KONI Kabupaten Solok Dilantik, Bupati Target Juara 1 Sumbar

56

JURNAL SUMBAR | Solok – Rudi Horizon akhirnya dilantik menjadi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Solok periode 2020-2024 di ruang Solok Nan Indah, Kantor Bupati Solok, Rabu, 18 November 2020.

Rudi dilantik langsung Ketua KONI Sumatera Barat Syaiful dihadapan Bupati Solok Gusmal Dt Rajo Lelo, unsur Forkompimda, organisasi kepemudaan, ratusan insan olahraga dan 14 Ketua KONI di kabupaten dan kota di Sumbar.

Dalam sambutannya, Rudi mengajak semua pelaku olahraga di Kabupaten Solok bersatu demi kejayaan olahraga di daerah beras ternama ini. Menurutnya, dinamika yang terjadi selama ini merupakan proses dan pembelajaran untuk mengokohkan persatuan di tubuh KONI Kabupaten Solok.

“Mari kita mulai kembali kerja keras demi mengharumkan nama daerah di bidang olahraga. Olahraga menyatukan kita, hilangkan perbedaan dan perpecahan,” katanya.

Selain itu, dia berharap pemerintah daerah terus memberikan perhatian serius kepada insan olahraga di Kabupaten Solok. “Semua prestasi yang kita capai ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah dan seluruh stakeholder terkait,” kata Ketua KONI Kabupaten Solok dua periode itu.

Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful mengapresiasi dinamika yang terjadi di tubuh KONI Kabupaten Solok. Menurutnya, polemik jelang resminya pelantikan ini mengisyaratkan Kabupaten Solok tidak kekurangan pelaku olahraga. Namun, perbedaan pandangan tersebut harus menyatu setelah lahirnya kepengurusan baru yang sah dan dikukuhkan hari ini.

“Olahraga tidak mengenal perbedaan. Bangun soliditas organisasi, kebersamaan dengan kekuatan komunikasi. Ini sudah diperlihatkan oleh Rudi Horizon,” katanya.

Dia menampik pernyataan sejumlah pihak yang masih “bernyanyi” tentang pelantikan KONI Kabupaten Solok tidak sah. Menurutnya, polemik di KONI Kabupaten Solok sudah selesai. “Mari bersama membangun olahraga Kabupaten Solok. Jangan lagi ada pertikaian,” tuturnya.

Senada dengan itu, Bupati Solok Gusmal Dt Rajo Lelo mengatakan, pelantikan KONI penuh dinamikan, bahkan terlambat sekitar 4 bulan. Namun, berkat perjuangan dan kesabaran, akhirnya Rudi dikukuhkan menjadi Ketua Umum KONI Kabupaten Solok.

“Biasanya perjuangan panjang membuat kita lebih dewasa, lebih sabar dan sportif. Orang-orang yang tidak sportif tidak perlu jadi insan olahraga. Olahraga harus diisi orang-orang berintegritas,” katanya.

Gusmal mengapresiasi gebrakan KONI Kabupaten Solok di bawah komando Rudi sejak 2016. Bahkan, kepengurusan 2016-2020 mengantarkan KONI daerah ini meraih peringkat ke-4 saat Porprov di Padang Pariaman 2018.

Namun ke depan, Gusmal menantang KONI Kabupaten Solok untuk menjadi yang terbaik di Sumbar, bukan sekadar menargetkan posisi ke-3. “Masa Kota Padang terus yang juara, KONI Kabupaten Solok harus bertekad mengalahkan Padang. Target harus nomor 1, jangan nomor 3,” katanya.es