Antisipasi Keluhan Guru Kota Padang, Jurusan Statistik FMIPA UNP Berikan Pelatihan Daring

212

JURNAL SUMBAR | Padang — Biasanya Guru-guru SMA kota Padang hanya bisa mengeluh mengenai materi baru statistika dimata pelajaran Matematika Peminatan. Namun Jurusan Statistika FMIPA UNP beberapa waktu lalu telah memberikan
pelatihan materi statistika.

Demikian dikatakan Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Statistika FMIPA UNP, Dr Dony Permana, MSi kepada wartawan, Senin (30/11/2020) di Padang.

Pada kesempatan itu Dony Permana menyebutkan kurangnya penguasaan bagi guru-guru SMA menyoal Matematika Peminatan khususnya materi baru pada topik Statistika tentang Peubah Acak, Distribusi Normal, Distribusi Binomial, dan Inferensia. Untuk kelancaran pelatihan dalam masa pandemi Covid-19, tim yang dipimpinnya melaksanakan dengan cara teleconference menggunakan platform Zoom Cloud Meeting.

“Atas kerjasama kami dengan MGMP Matematika SMA Kota Padang yang dipimpin Pak E.Syamsul Arifin,Spd, guru SMA 2 Padang, pelatihan yang berlangsung dari bulan Oktober hingga akhir bulan November ini berjalan lancar dan sukses,” ujar Dony.

Ditambahkannya, upaya meningkatkan kompetensi guru Matematika SMA di kota Padang guna meningkatkan pemahamannya pada materi statistika pihaknya menghadirkan nara sumber selain dirinya juga sebagai pemateri adalah Admi Salma, Spd, MSi, Zamashary, MSi, Zilrahmi dan Fadhila Fitri, S.Si M Statistika.

Diterangkan Dony bahwa pelaksanaan kegiatan dilakukan pada setiap hari Jumat siang hingga sore sesuai dengan kesepakatan waktu antara tim dengan pihak MGMP matematika kota Padang. Sekitar 50 orang guru matematika yang mewakili SMA-SMA baik negeri maupun swasta di kota Padang mengikutinya dengan baik.

” Kami harapkan pelatihan ini dapat direplikasikan secara lebih luas ke guru-guru yang ada di kabupaten/kota lain, karane autput dari kegiatan ini dapat membantu para guru untuk bahan ajar materi statistika,” harapnya. (Agusmardi)