Genius Umar Sebut Mentawai Butuh Pelabuhan Berskala Internasional

270

JURNAL SUMBAR | Mentawai – Di penghujung masa kampanye Pilgub Sumbar, Cawagub Dr Genius Umar, Ssos, Msi bersama rombongan melakukan kunjungan pamungkas ke Pulau Mentawai sejak Senin (30/11) kemarin.

Kedatangan Genius Umar yang dikawal langsung oleh Ketua Nasdem Mentawai Nikanor Saguruk, Ketua Partai Berkarya dan Perindo, disambut dengan upacara adat Turuk si Kerei, adalah salah satu bentuk Tarian yang dipersembahkan kepada tokoh yang sangat dihormati saat berkunjung ke Mentawai.

Kunjungan pertama Genius Umar ke Mentawai ini guna melihat secara langsung calon pemilih Fakhrizal Genius Umar (FaGe) di Bumi si Kerei.
Pada sesi pertama kunjungan Genius Umar ke Tua Pejat, dia sempat bersilahturahmi dengan masyarakat tuapejat, SP.2 hingga ke Desa Goiso’oinan.

Di Tua Pejat, Genius juga sempat mengunjungi salah satu panti asuhan KAUM di Mentawai tepatnya di Km.1 Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara.

Kunjungan ini, menurut Pengurus Panti Asuhan KAUM Mentawai, Jeffry S Kayai, merupakan suatu kehormatan yang luar biasa, karena hanya satu-satunya kandidat Cawagub FaGe yang datang kunjungi panti asuhan Mentawai tersebut.

Genius juga menyempatkan waktu melihat pembangunan Homestay di Dusun Mapaddegat, kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Saat berbicara di depan tokoh masyarakat Mentawai, Genius Umar menyebut bumi Mentawai kaya dengan potensi alam namun belum juga tersentuh pembangunan yang maksimal.

Genius menyebut sektor pariwisata Mentawai sangat terkenal di seantero dunia, namun sampai saat ini pemerintah belum juga menyiapkan sarana pelabuhan yang memadai untuk mendukung arus kunjungan wisatawan lokal, regional dan mancanegara.

“Untuk itu, jika nanti FaGe yang memenangkan Pilgub Sumbar, maka kami akan membangunkan pelabuhan berskala internasional di Mentawai,” kata Genius Umar bersemangat.

Selain menyebut soal pelabuhan berskala internasional, Genius juga menjelaskan kembali tentang visi, misi dan 19 program prioritas FaGe sebagai cagub dan cawagub Sumbar.

Salah satunya adalah terkait dengan pembebasan biaya belajar sejak dari SD hingga SLTA dan program satu sarjana dalam satu rumahtangga miskin di Sumbar.

Untuk itu, Genius mengharapkan kepada masyarakat Mentawai agar mendukung dan memberikan suaranya kepada paslon no 3, Fakhrizal dan Genius Umar (FaGe) pada pencoblosan tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Targetkan 40% Suara FaGe

Sementara itu, Ketua Nasdem Mentawai Nikanor Saguruk menargetkan perolehan suara FaGe di Mentawai mencapai 40 persen.

“Kita tidak muluk-muluk, lebih pun dari target 40 persen perolehan suara di mentawai lebih bagus,” kata Ketua Nasdem Mentawai Nikanor Saguruk di sela sela kunjungan Cawagub Genius Umar di Tuapejat, Senin 30 November 2020.

Menurut Nikanor, dia dan tim sudah berkeliling ke seluruh Mentawai guna menyosialisasikan paslon FaGe, termasuk program visi, misi dan program prioritas FaGe.

Kesimpulan yang diperolehnya, paslon FaGe adalah paling tinggi mendapatkan resfon masyarakat Mentawai. Sebab program visi, misi dan 19 program prioritas FaGe paling masuk akal dan diterima oleh masyarakat Mentawai.

“Diantaranya paling didukung adalah bebas biaya sekolah dari sejak SD hingga SLTA dan program satu sarjana dalam satu keluarga miskin,” ujarnya.
Berkaitan dengan itu, Ketua DPD Partai Nasdem Mentawai ini optimis FaGe akan dapat perolehan suara signifikan yakni sampai 40 persen.

Nikanor meyakini pencapaian perolehan suara itu dilatarbelakangi oleh keyakinan masyarakat Mentawai atas sepak terjang FaGe selama ini. Seperti Irjen Pol Purn Fakhrizal sudah dua kali menjabat Kapolda tentu kinerja beliau sudah terukur dan terakhir memimpin Polda Sumbar selama tiga tahun dan sekarang beliau di minta masyarakat Sumbar untuk memimpin Sumbar.

Sementara Cawagub Genius Umar adalah mantan wakil walikota dan walikota Pariaman dua periode, dengan sisa jabatan sekitar tiga tahun lagi, namun saat ini mengambil cuti untuk mengikuti pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Dengan dua latarbelakang cagub dan cawagub FaGe itu, maka Nikarok berkeyakinan bahwa Sumatra Barat dibawah kepemimpinan FaGe akan lebih berkembang dan maju pesat. Apalagi kinerja Genius Umar yang bisa dilihat dengan mata telanjang di kota Pariaman, dimana wisatanya berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.
Makanya, kunjungan Genius Umar bukan hanya sekedar menjemput aspirasi pemilih tetapi juga laporan pandangan mata kepada pemerintah pusat, bahwa pembangunan Mentawai harus dikebut lebih kencang dengan membangun pelabuhan internasional sehingga potensi ekonomi Mentawai dapat tergali secara maksimal, terutama di sektor pariwisata.

Apalagi, FaGe sendiri memang menempatkan pembangun pariwisata sebagai salah satu sektor prioritas. Sebab disadari sektor pariwisata adalah sektor pemancingan pertumbuhan ekonomi lain. Tim Fage