PWI Tanah Datar dan PWI Sumbar Adakan KLW Untuk Wartawan Muda

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Rencana Pengurus PWI Tanahdatar mengadakan kegiatan Kursus Latihan wartawan (KLW) untuk meningkatkan kwalitas wartawan Tanahdatar didukung sepenuh hati oleh Ketua Dewan Kehormatan PWI Dr Basril Basyar bersama pengurus PWI Sumbar.

Dukungan itu diutarakan Basril Basyar dalam silaturahmi organisasi dengan pengurus PWI Tanahdatar didampingi pengurus lainnya Widya Navis, Bendahara Ismet Fanany, Wakil Sekretaris Syukri Umar, dan Wakil Bendara Rusdi Bais, Sabtu (28/11) di salah satu restoran Batusangkar.

Aktivitas KLW bertujuan menambah ilmu jurnalistik sekaligus memberi peluang bagi wartawan muda bergabung dengan organisasi PWI dan setiap wartawan muda diberi sertifikat KLW yang jumlahnya terus bertambahh dari waktu ke waktu ” Merek banyak berkipra di media on line yang harus dibina pengurus PWI Tanah Datar, ” tekan Basril Basyar.

Secara nasional untuk bisa mendaftar menjadi anggota PWI harus lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) terlebih dahulu, namun sesuai dengan kebijakan organisasi di tingkat Provinsi Sumatera Barat, khusus untuk Kabupaten Tanah Datar diberi izin menerima calon anggota PWI melalui KLW terlebih dahulu.

Sekretaris PWI Sumbar Widya Navis, Syukri Umar, Ismet Fanany dan Rusdy Bais sangat setuju diadakan kegiatan KLW di Tanahdatar dan Organisasi PWI memang harus terus dikembangkan, baik dari aspek manajemen maupun keanggotaan. Caranya dengan melakukan rekrutmen anggota baru, dengan cara itu, PWI akan lebih berkembang dan besar, serta kwalitas wartawan akan meningkat pula.

Epi

Untuk pelaksanaan KLW, tekan Widya Navis, PWI akan membuka kran kepada rekan-rekan yang ingin bergabung bersama PWI. Karena , PWI adalah satu-satunya organisasi profesi wartawan di Kabupaten Tanah Datar yang diakui Dewan Pers. Tentu sepatutnya pula PWI memberi kesempatan kepada rekan-rekan untuk bergabung, imbuh Widya redaktur senior Harian Umum Singgalang Padang.

Sementara, Basril Basyar mengemukakan, usai KLW, bagi mereka yang lulus KLW,,kita usulkan ke pengurus provinsi untuk diberi legalitas sebagai calon anggota. Nanti pengurus PWI dapat memberikan kartu biru.

Anton Yondra yang juga anggota PWI senior, saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Tanahdatar mendukung kegiatan KLW Tanahdatar yang akan diadakan oleh PWI Sumatera barat dan PWI Tanah Datar ” Aktivitas ini memotivasi pengkaderan wartawan muda menjadi anggota PWI usai UKW ,” tekan Anton Yondra.

Pada kesempatan itu,Ketua PWI Tanahdatar Mustafa akmal Dt Sidi Ali menyampaikan KLW akan dilaksanakan dalam bulan Desember 20 20. Untuk itu kita akan menerima peserta KLW hanya sekitar 30 orang untuk tahap pertama. ” Jadwal pelaksanaan KLW sudah disiapkan dan disusun Pak Musriadi Musyanif, tinggal penyelenggaraan saja lagi,” pungkas Mustafa Akmal.

Dalam tahun 2020 ini, sebut Mustafa Akmal, PWI Tanah Datar sudah melaksanakan, program BPJS,
membangun sinergi dengan PWI Sawahlunto, Bukittinggi, kemitraan dengan organisasi wartawan di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Dalam silaturahmi dengan PWI Sumbar juga dihadiri Sekretaris Chandra Antoni, Irfan, Wirman Darwis, M,Syukur, Feri Maulana, Meryanto,Yuldaveri dan Bakhtiar Danau dan Yusnaldi selaku penasehat PWI Tanahdatar – habede

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.