Berisi Profil dan APB, Kemendes-PDTT Rilis Sistem Informasi Nagari Terbaru

269

JURNAL SUMBAR | Pessel – Teranyar, Kementerian Desa, PDTT merilis Sistem Informasi Desa atau SID yang menyediakan informasi utuh tentang Desa yang berjumlah 74 ribu se- Indonesia.

Dengan SID publik dapat informasi yang utuh tentang Desa, mulai dari profil Desa hingga APB Desa.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Kab. Pessel, Wendi, bahwa SID yang dikembangkan saat ini, telah lama dikembangkan di Pesisir Selatan.

“Kita sudah beberapa tahun terakhir memiliki SINar atau Sistem Informasi Nagari yang menyediakan informasi penting seputar nagari” ujarnya, Senin, 28/12.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa fitur-fitur yang ada di SID dan SINar juga mirip sehingga keduanya dapat menjadi sumber rujukan bagi publik.

“Jika SID bersifat nasional dan tentu datanya bersifat umum, namun SINar lebih spesifik, sehingga dilengkapi dokumentasi dan info grafis lainnya” tukuk Kabag Humas dan Protokoler Setda 2017-2019.

Disamping itu menurut Wendi, dengan adanya SID maupun SINar masyarakat dapat memantau langsung agenda Nagari dan penggunaan dan realisasi APB Nagari di Pesisir Selatan khususnya.

“Seluruh anggaran nagari dapat dipantau, pendapatan, belanja maupun pembiayaan oleh masyarakat” ujarnya.

Wendi berharap dengan makin berkembangnya teknologi informasi maka efektifitas dan tranparansi penggunaan DD makin baik.

“Karena itu, Nagari-nagari juga makin baik, dan buktinya, IDM Nagari di Pessel juga makin membaik” akunya.

SID dikembangkan oleh Kemendes, PDTT sebagai upaya transparansi DD, sementara SINar yang menyediakan data detail Nagari diharapkan menjadi rujukan bagi pengambil kebijakan terkait Nagari.

Bahkan Nagari-nagari di Pesisir Selatan telah menggunakan aplikasi Siskeudes alias Sistem Keuangan Desa, yang mencatat secara realtime pengelolaan APB Nagari.

Aplikasi lokal tersebut dikembangkan oleh jajaran Dinas Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Pesisir Selatan. Rilis