Di Penghujung Tahun, Pemkab Sijunjung Raih Anugrah Innovative Government Award 2020 dari Mendagri RI

293

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa. Di penghujung tahun 2020 dan diakhir masa jabatan, Pemkab Sijunjung, Sumatera Barat dibawa pimpinan Bupati H.Yuswir Arifin berhasil meraih anugrah penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 atau penghargaan Kabupaten inovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia yang diterima pada Jum’at 18 Desember di Hotel Sultan Jakarta.

Penganugrahan penghargaan tersebut sesuai Radiogram Kemendagri No. 005/6749/SJ tanggal 14 Desember 2020, tentang penyerahan trophy dan piagam penghargaan untuk Kabupaten Inovatif.

Terkait penghargaan itu dibenarkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung, Dra.Yuni Elviza, MT. Bahkan menurut dia, ia bersama Kepala Bidang Penelitian dan Pengalaman Bapppeda, Leni Selvia, SE mendampingi bupati menerima penghargaan itu.

Dijelaskan buk El, begitu sapaan akrab Dra.Yuni Elviza, MT itu, bahwa Pemkab Sijunjung termasuk salah satu daerah yang menerima tropy dan piagam bersama 35 kabupaten dan 20 kota se- Indonesia.

“Pemerintah daerah yang menerima penghargaan ini adalah daerah yang mencapai indeks skor di atas 1.000 pada sistim penilaian IGA 2020,” sebut Srikandi Bapppeda Sijunjung itu kepada Jurnalsumbar.Com Senin (21/12/2020) via telepon selularnya.

Dijelaskannya, IGA merupakan lomba inovasi daerah yang dilaksanakan Kemendagri dalam rangka memacu tumbuh kembangnya iklim berinovasi di daerah.

“Ini untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan sesuai amanat UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintah daerah dan Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah,” papar El.

Bupati Yuswir Arifin mengaku bersyukur atas anugrah di segala bidang itu. “Ini adalah bukti kinerja pemerintahan sangat baik, termasuk dengan telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri,” ucap bupati peraih Leadershif Award itu.

Bupati Yuswir Arifin juga mengapresiasi OPD atas kerjasamanya mengikuti ajang IGA 2020 dengan melengkapi berkas, dokumen pendukung, yang telah menguploadnya kedalam sistem aplikasi penilaian IGA.

“Semogan ke depannya Kabupaten Sijunjung akan semakin banyak mendapatkan penghargaan dibawah kepemimpinan bupati terpilih, paling tidak bisa mempertahankan,” pinta bupati berharap.

Sebelum itu, dipenghujung jabatannya sebagai Bupati Sijunjung, Drs.H. Yuswir Arifin Dt Indo Marajo, bersama Pimpinan OPD dan jajarannya juga berhasil meraih prestasi gemiliang.

Di Gedung Tribrata, Jalan Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (25/11/2020) bukan lalu, Pemkab Sijunjung juga berhasil menerima penghargaan Top45 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia dibidang kesehatan.

Penghargaan diberikan atas inovasi Pemkab Sijunjung melalui Puskesmas Tanjung Gadang (Dinkes) melalui Kepala Puskesmas nya, dr.Hj.Imelda dalam perjuangan panjang di TOP99 dalam penilaian Inovasi pelayanan publik tingkat nasional.

Akhirnya MASPETTAG (Masyarakat Peduli TB Tanjung Gadang) Puskesmas Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, itu berhasil meraih penghargaa TOP45 dari Kemen-PANRB..

Hebatnya lagi, ternyata Pemkab Sijunjung, satu-satunya utusan Sumatera Barat yang meraih penghargaan TOP45 itu. Nah, patut di apresiasi semua prestasi diraih Pemkab Sijunjung dikepemimpinan Bupati Yuswir Arifin termasuk penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 atau penghargaan Kabupaten inovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia ini. Selamat..! ius