Januari 2021, Sekolah di Tanah Datar Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Sesuai pernyataan Kadis Dikbud Tanah Datar  melalui Sekretaris Disdikbud In Hendri Abbas kepada insan pers , Rabu(16/12) lalu, Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka  ( PTM ) di kabupaten Tanah Datar  bakal  digelar, minggu pertama bulan Januari 2021 mendatang.

Rencana pelaksanaan PTM itu, menurut In Hendri Abbas sesuai surat persetujuan Kepala sekolah,  komite sekolah, orang tua siswa dan mejelis guru dan tata usaha sekolah  yang masuk dari masing-masing sekolah  kemudian dikumpulkan di dinas dikbud Tanah Datar.

Dari data surat yang masuk itu, kata In Hendri Abbas diperkirakan 95 persen mereka  menginginkan siswa belajar secara PTM. Walaupun ada sekitar 5 persen orang tua siswa tidak menginginkan anak nya PTM.

Untuk memantau pernyataan Sekretaris Disdikbud In Hendri Abbas agar tidak ada kesan rekayasa,  media ini melakukan wawancara dengan Kepala sekolah, Komite sekolah dan beberapa orang wali siswa, Sabtu (19/12) kemaren, dan mendapatkan pe gakuan, mereka menginginkan siswa melaksanakan PTM.

Seperti dinyatakan, kepala sekolah SMAN-3 Batusangkar Diwarman S.Pd, M.Si, dari surat persetujuan yang masuk ke sekolah, jamak orang tua siswa inginkan anak-anaknya mengikuti PTM bakal dilaksanakan minggu pertama Januari 2021.

Untuk pelaksanaan PTM,  sekolah akan melakukan dua sistim Pembelajaran secara bergantian, yakni, shipt PTM sistim langsung 50 persen dan shipt PTM  sistim Daring 50 persen.

Siswa PTM  berjumlah 445 orang itu, sebut Diwarman, akan diatur dengan cara rombongan belajar(Rombel). Satu rombel ,mahasiswanya  berjumlah 18 orang, sehingga aturan Prokes physical distancing akan terjaga ketat dalam kelas untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19.

PERANTAU SIJUNJUNG

Seterusnya Kepala MTs.N 6 Batusangkar Edi Margapuli memotivasi keinginan orang tua siswa, komite sekolah,  kepala sekolah, majelis guru, dan tata usaha untuk dilaksanakan nya PTM.

Dengan adanya proses PTM di sekolah akan  membentuk karakter anak didik  yang dilaksanakan di Madrasah.” Kita siap melaksanakan PTM bulan Januari 2021 mendatang , ” tekan Edi Margapuli.

Senada dengan itu, Kepala PLT SMA 1 Batusangkar    Rahmat menyatakan, sekolah yang dipimpinnya siap melaksanakan PTM bulan Januari 2021 mendatang baik berupa sarana dan prasarananya dengan mempedomani peraturan Prokes.

Sementara itu, tiga orang wali siswa di MTsN 6 Batusangkar, yaitu, Pak Ujang dari Sumanik, ibu Resi dari Seitarab, dan Rudi asal Pagaruyung menyatakan sangat setuju diselenggarakan nya PTM bulan Januari 2021 mendatang. ” Semakin cepat semakin bagus pak, karena PTM adalah sistim belajar paling tepat dan efektif dibanding belajar Daring dari rumah, ” tekan Pak Ujang 50 tahun asal Sumanik yang pegawai honor pemda Tanah Datar itu.

Sedangkan ibu Resi 30 tahun, betul-betul mendukung PTM akan dilaksanakan bulan Januari, karena selama ini anaknya yang duduk di kelas 8 MTsN 6 Batusangkar  tidak terbiasa belajar dengan sistim Daring, sehingga anaknya banyak  bermain dan tidur-tiduran di rumah.

Kemudian Pengelola rumah makan Rudi 40 tahun senada dengan wali siswa lainnya, ptm segera diselenggarakan sesegera mungkin dengan harapan  para siswa akan memiliki semangat baru dalam sistim PTM karena mereka sudah lama tidak belajar secara langsung .

Beberapa kepala sekolah dan ketua komite, yakni, kepala sekolah SMA Batam Batusangkar, kepala sekolah SMP 5 Batusangkar, dan Ketua Komite salah satu sekolah di Batusangkar ketika di hubungi melalui gawai dan WA nya ingin menanyakan eksistensi PTM di era pandemi Covid tidak memperoleh jawaban, karena gawainya tidak aktif – habede

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.