Kapolres Sijunjung Pimpin Apel Pasukan Pengamanan TPS Tahap Pemungutan Suara di Pilkada Serentak Tahun 2020

719

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Hadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada Rabu (9/12/ 2020) Polres Sijunjung, Sumatera Barat, pada Selasa (8/12/2020) menggelar apel pergeseran pasukan dihalaman Mapolres setempat.

Libatkan sebanyak 230 personel jajaran Polres Sijunjung dan Polda Sumbar dan di beck-up TNI Kodim 0310/SSD siap amankan TPS Tahap Pemungutan Suara Pilkada Serentak Tahun 2020.

Dibantu 50 personel Polda Sumbar, Polisi Sijunjung akan amankan 524 TPS yang tersebar di delapan kecamatan dan di 61 nagari.

Pengamanan itu diawali dengan gelar pasukan yang dipimpin Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan,S.IK. MHum.

Dalam amanatnya kapolres menyampaikan, keamanan merupakan manifestasi (perwujudan) dari
hasil kerja keras, dedikasi, integrasi, pengorbanan waktu, tenaga & pikiran serta peluh kita di medan tugas.

“Dan sebagai leading sektor di bidang
KAMTIBMAS. Kita memang senantiasa dituntut untuk selalu siap (kapanpun & dimnapun), untuk memberikan rasa aman dengan memberikan rasa aman dengan memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,”kata kapolres.

Kapolres juga menyampaikan agar personelnya mewaspadai MONEY POLITICS jelang pemungutan suara dan bantu pengawas pilkada apabila menemukan JELANG kejadian tersebut ataupun tertangkap tangan.

“Waspadai serangan fajar, subuh dan sebagainya, waspadai kampanye hitam, kampanye negati, sabotase maupun ancaman teror KAMPANYE NEGATI. Waspadai dan lakukan kontrol secara bersama dengan petugas KPPS dan linmas, potensi adanya kecurangan atau pelanggaran pilakada yakni saat POTENSI jeda waktu istirahat antara berakhirnya dimulainya dengan sampai pencoblosan BERAKHIRNYA penghitungan surat suara DI TPS”kata kapolres mengingatkan.

“Jaga netralitas rekan-rekan sekalian dengan tidak ikut mempengaruhi masyarakat untuk memilih salah satu paslon. (karena ada sanksi yang jelas & keras mulai dari jabatan, fungsi, turn of area sampai PTDH). Perlu rekan-rekan ketahui bersama bahwa suksesnya pilakda serentak 2020 ini, salah satunya adalah berkat peran dari petugas keamanan yang netral. Disamping independen dan integritaa penyelenggaraan. Disamping Independen dan pemilu serta partisipasi dan dukungan dari INTEGRITAS masyarakat”.

“Segera kenali karakteristik daerah yang menjadi wilayah pantauan dan tanggung jawab rekan-rekan termasuk potensi kerawanan yang mungkin bisa timbul sehingga setiap persoalan
yang berpotensi mengganggu proses dan pemungutan penghitungan suara bahkan pemungutan suara ulang dapat dicegah dan diatasi. Jangan cuek dan acuh tak acuh serta apatis terhap keadaan dan lingkungan”.

“Lakukan pengawalan secera melekat terhadap logistik Pilkada baik sebelum maupun sesudah pemungutan dan penghitungan suara dari KPU-PPK, PPS TPS dan sebaliknya. Tidak berda jauh dari lokasi TPS sehingga bisa mendengar dan melihat proses pungut dan hitung suara di TPS. Pastikan logistik pilkada dalam keadaan tertutup dan tersegel dengan baikdan rapat tidak rusak. Mantapkan sinergritas polisional yang proaktif dan kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pilakda disemua tingkatan,”jelas kapolres.

“Himbaua masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga tidak terjadi kluster baru maupun peningkatan angka penularan covid 19. Laorkan setiap perkembangan situasi kepada pimpinan pada kesempatan pertama. Serta laksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab,”papar kapolres.

Apel Pasukan itu juga diikuti Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, unsur Forkopimda, Ketua KPU, Bawaslu, dan PJU Kasat Polres Sijunjung dan para Kapolsek juga ikut dalam kegiatan tersebut. ius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here