Erry Gusman Terpilih Kembali Jadi Ketua LPA Sumatera Barat

199

JURNAL SUMBAR | Padang – Musyawarah Daerah (Musda) ke-V Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Sumatera Barat secara aklamasi menetapkan Erry Gusman,SH,MH sebagai Ketua Periode 2021-2026.

Musyawarah Daerah LPA ke-V yang dilaksanakan pada Sabtu (30/1/2021) di Gedung LKKS Sumatera Barat, secara offline dan online, dihadiri via daring oleh Ketua LPAI Pusat Seto Mulyadi, pengurus LPA kabupaten/kota se-Sumatera Barat, dan mengundang berbagai lembaga sosial, di antaranya Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Sumbar.

Ketua Panitia Musda ke-V LPA, Edi Suandi mengatakan kegiatan suksesi lembaga sosial fokus anak ini berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah kita bisa mengangkatkan Musda LPA Sumbar ini dengan lancer secara offline dan online bersamaan, di mulai dengan rangkaian webinar dan dilanjutkan dengan pemilihan ketua,” katanya.

Ketua LPAI Pusat, Seto Mulyadi dalam sambutannya mengatakan, banyak tantangan dunia anak saat ini, terutama dampak pandemi dan perubahan politik.

“Kita tetap harus fokus memberikan perlindungan terhadap anak Indonesia, dan tidak terpengaruhi dengan berbagai perubahan apalagi faktor politik. Selain itu juga dampak pandemi covid-19 ini adalah tantangan besar kita bersama,” katanya.

Ia mengharapkan LPA Sumbar ke depannya terus memberikan kontribusi nyata terutama terhadap berbagai isu tentang anak.

“Siapapun yang terpilih dalam Musda ke-V LPA Sumbar ini, pesan saya teruslah berbuat nyata untuk anak-anak di Ranah Minang, membangun sinergisitas dengan pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dalam menjalankan berbagai program,” harap Kak Seto.

Dalam Musda ini telah ditetapkan beberapa keputusan yaitu memilih kembali secara aklamasi Erry Gusman sebagai Ketua LPA Sumatera Barat Periode 2021-2026, menyerahkan sepenuhnya kepada ketua terpilih untuk menyusun struktur personalia kepengurusannya, menugaskan untuk berkoordinasi dengan LPAI yang dipimpin Seto Mulyadi melegalkan hasil MUSDA ke-V atau FORDA ke-V LPA Sumbar dan meminta surat penetapan atau SK kepengurusan.
Erry Gusman, ketua terpilih mengatakan akan menjadikan LPA Sumbar ke depan terus berbuat nyata menyikapi berbagai isu dan masalah terkait anak.

“Amanah ini merupakan periode kedua saya memimpin LPA Sumbar. Ke depan saya dan pengurus baru akan terus bekerja keras membuat dan menjalankan berbagai program, tentu kami tidak bisa berjalan sendiri, butuh dukungan pemerintah daerah dan berbagai stakeholder,” katanya.

Erry menambahkan pada periode sebelumnya kepengurusannya telah menjalankan berbagai program kerja.

“Di antara program kerja yang kami laksanakan periode sebelumnya adalah pelatihan advokasi bagi advokat muda untuk penanganan dan pendampingan isu hukum anak, kerjasama dengan berbagai pihak terutama perguruan tinggi, melakukan konsultansi pra persidangan perceraian di pengadilan tentang hak asuh anak, advokasi pelaksanaan sekolah daring di masa pandemi, memberikan pendampingan terhadap anak korban kekerasan dalam rumah tangga,” katanya.

Pengurus Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Sumbar yang diwakili oleh Musfi Yendra hadir dalam acara tersebut mengatakan siap bersinergi dan mendukung berbagai program kerja LPA Sumbar.

“LKKS Sumbar sebagai lembaga yang menaungi berbagai organisasi sosial mengapresiasi terlaksananya Musda ke-V LPA Sumbar. Kita akan terus mendukung dan bekerjasama terutama isu dan program terkait perlindungan anak,” ungkapnya. relis/es