Anggota Baru Pramuka Saka Kalpataru Kwarcab Sawahlunto Dilantik

189

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Sebanyak 20 anggota pramuka Satuan Karya (Saka) Kalpataru Kwartir Cabang Gerakan pramuka Kota Sawahlunto dikukuhkan. Pengukuhan ini digelar di Kayu Gadang Kecamatan Barangin, pada Minggu (28/3/2021).

Pimpinan Cabang Saka Kalpataru Kwarcab Sawahlunto Heantomas menyatakan selamat bergabung dan mengikuti pembinaan di Saka Kalpataru. Semoga apa yang menjadi komitmen serta tujuan adik-adik menjadi anggota dapat dijalankan dengan baik.

“Adik – adik nantinya diharapkan mampu menjadi generasi ramah lingkungan dan kebersihan karna akan dibekali pengetahuan dan keterampilan khusus terkait isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati. Tentunya di samping keterampilan dan pengetahuan tentang kepramukaan pada umumnya,” kata Heantomas.

Dia berharap anggota yang dilantik harus tekun dan giat dalam mengikuti latihan yang dibina pamong Saka dan Pembina yang ada di Dinas Perumahan Kebersihan Pemukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup kota ini serta harus juga aktif latihan di Gugus Depan pangkalan masing-masing.

Pamong Saka Kalpataru Kwarcab Sawahlunto Adrian menyatakan pelantikan 20 anggota yang dikemas dalam kegiatan perkemahan Sabtu Minggu (Persami) ini adalah angkatan ketiga yang peserta didiknya direktut dari pangkalan Gugus Depan SLTA se-Kota Sawahlunto.

“Sebelum dilantik mereka telah dibekali dengan pengenalan Saka Kalpataru, pengetahuan terkait tiga krida atau keterampilan yakni tentang 3 R atau Reuse, Reduce, Recycle. Krida Perubahan Iklim serta Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati,“ sebut Adrian.

Dikesempatan itu Wakil ketua Kwarcab Sawahlunto Ritu Karianto berharap Saka Kalpataru yang eksis dalam membina pramuka penegak dibidang lingkungan hidup tetap meningkatkan pembinaannya.

“Dan terus berprestasi seperti pada Perkemahan Regional Sumatera di Siak tahun 2018 lalu berhasil meraih juara II Putra dan juara III Putri tapak perkemahan yang membanggakan kota ini,” sebutnya.simamora