Harumkan Nama Sumbar, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Resmi Terpilih Jadi Ketua Umum APKASI

1820

Bupati Dharmasraya Sutan Riska terpilih jadi Ketua APKASI.(foto. istimewa)

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Luar biasa. Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan berhasil mengharumkan nama Provinsi Sumatera Barat. Ia resmi terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Seluruh Kabupaten Indonesia (APKASI) periode 2021-2026.

Bupati Sutan Riska terpilih secara aklamasi dalam musyawarah nasional (Munas) ke-V APKASI di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Jumat 26 Maret 2021.

Bupati yang berusia 32 tahun itu menggantikan posisi Mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.


Sutan Riska pidato perdananya sebagai Ketua APKASI

“Dengan ini pimpinan sidang menetapkan Sutan Riska Tuanku Kerajaan sebagai ketua umum,” ujar Ketua Sidang Munas ke-V Bupati Tanggerang, Ahmed Zaki Iskandar.

Sutan Riska ingin membangun sinergi antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dan provinsi dengan semangat keberagaman budaya, dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi pada masa dan paska pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah Munas V APKASI dapat berjalan lancar. Terima kasih kepada Yang Terhormat Presiden Jokowi atas segala dukungannya terhadap acara ini dari awal hingga suksesnya forum tertinggi APKASI digelar,” ujarnya dalam pidato sebagai ketua umum terpilih di sela-sela Munas APKASI.


Bupati Sutan Riska bersama Presiden Jokowi

Sesuai amanat Presiden Jokowi, kata Sutan, untuk kesuksesan pembangunan kabupaten dan koneksi antar daerah, ada berbagai program yang dapat dilakukan, terutama memastikan konsolidasi anggaran di pemerintahan agar dapat dipergunakan semaksimal mungkin.

Ia mengatakan, pemkab juga mesti melakukan perencanaan yang matang. Hal ini sejalan dengan rencana APKASI membangun cetak biru pembangunan kabupaten yang memetakan permasalahan dan potensi agar perencanaan pembangunan matang terlaksana.

“Kita juga akan fokus dalam penanganan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, dengan memperkuat testing, tracing dan treatment. Dan yang juga amat penting adalah, mempercepat program vaksinasi di seluruh kabupaten di Indonesia,” ujarnya.

Sutan Risa menyebutkan, percepatan pemulihan ekonomi juga mesti menjadi prioritas pemkab, dengan program padat karya dan UMKM.

“Dan juga yang menjadi kunci utama dalam percepatan pemulihan ekonomi adalah memberikan pelayanan yang baik dan mudah untuk investasi dan ekspor,” ujarnya.

Ia mengatakan, akan melanjutkan program-program APKASI yang telah dijalankan Mardani H Maming dan Abdullah Azwar Anas. Mereka telah membangun legacy yang baik bagi APKASI melalui relasi kerjasama antara pemerintah pusat dan kabupaten.

“Atas berbagai sumbangsih beliau berdua itu, saya berharap dapat terus menyapa Pak Mardani dan Pak Abdullah di tengah kesibukannya untuk terus berdiskusi tentang masa depan pemerintahan kabupaten di seluruh Indonesia,” katanya.rilis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here