Kunjungi Gas Blok Sinamar di Tanjung Ampalu Sijunjung, Ini Kata Gubernur Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Didampingi Bupati Benny Dwifa Yuswir, S.STP, MSi dan Wabup H. Iraddatillah, S.Pt, Sekdakab Zefnihan, S.STP, MSi serta ketua/wakil DPRD Sijunjung dan unsur Forkopimda dan camat, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan unsur terkait lainnya kunjungi Gas Blok Sinamar yang berada di Tanjung Ampalu, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung.

Kunjungan perdana Mahyeldi selaku Gubernur Sumbar itu dilaksanakan pada Sabtu (13/3/2921). Dalam kunjungan tersebut, gubernur mendapat informasi ternyata Sijunjung memiliki potensi Gas Setara 210 MW. Gas Blok Sinamar itu bakal Dieksplorasi

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah pada kesempatan itu langsung meninjau ke Blok South West Bukit Barisan, dan telah diketahui potensi yang ada pada blok itu memiliki ketersediaan gas sekira 35 mmscfd atau setara dengan 210 Mega Watt (MW) listrik di SKK Migas Sumur Sinamar #2 yang belum dieksplorasi produksinya.

Gubernur merencanakan Blok Migas Sijunjung bisa melakukan produksi, namun itu akan dibicarakan terlebih dahulu dengan Menteri ESDM ataupun menteri terkait.

“Di Sumatera saja masih kekurangan listrik, nanti kita bicara dengan pihak-pihak terkait, termasuk membicarakan di tingkat Menteri,” kata Mahyeldi kala itu.

Epi

Mahyeldi berhara, produksi yang telah direncanakan SKK Migas bersama KKKS dapat berjalan lancar dan tanpa kendala berarti. Pemprov Sumbar berkomitmen selalu memberikan keuntungan untuk masyarakat.

“Kita berupaya akan mempersiapkan pembelinya, seperti PLN. Karena kita di Sumatera masih kekurangan listrik. Seharusnya PLN sudah bisa membelinya,” jelasnya.

Dukatakan Gubernur, bahwa Sumbar sudah memiliki cadangan yang tersedia, namun diharapkan perusahaan Migas yang ada di Sumbar bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat.

“Permasalahannya sekarang bagaimana kita bisa mengeksploitasinya keluar. Ini yang nanti akan kita bicarakan di provinsi,” terangnya.

“Kita juga inginkan kerjasama antara instansi dan perusahaan ada timbal baliknya, sehingga perusahaan bisa proaktif dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan sinergi yang ujungnya menimbulkan efek di masyarakat,” tambahnya.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir didampingi Wabup Sijunjung, Irradatillah mengatakan, apabila Sumur Sinamar sempat eksplorasi produksinya, maka menyampaikan SKK Migas memastikan Sumbar akan menjadi penghasil minyak dan gas bumi (migas) dalam dua tahun mendatang, setelah ditemukan cadangan migas di Kabupaten Sijunjung.
Dikatakannya, pihak PT Rizki Bukit Barisan sudah sempat bernegosiasi bersama pihak PLN yang difasilitasi langsung oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumbar.

“Hingga saat ini masih sebatas wacana, mudah-mudahan dengan hadirnya Gubernur Sumbar disini, bisa menjadi kenyataan,” harap Benny. *

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.