Legislator Novermal Minta Bupati RA Serius Urus Kebutuhan Dokter Ahli di Pessel

Bupati RA: Segera Menghadap Menkes

305

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Novermal, SH meminta Bupati Rusma Yul Anwar serius mengurus kebutuhan dokter ahli di Pesisir Selatan. Karena, dengan kondisi kekurangan dokter ahli saat ini sangat menyusahkan masyarakat.

“Saya minta pak Bupati serius urusnya ke Menteri Kesehatan,” sebut Novermal via ponsel, Sabtu siang (27/3-2021). “Pessel butuh dokter ahli Ortopedi (bedah tulang-red). Saat ini, kalau ada kecelakaan lalu lintas yang berakibat patah tulang, harus dirujuk ke Padang,” tambahnya. “Kondisi ini sangat menyusahkan keluarga pasien,” tegasnya.

Ditambahkan Novermal, RSUD Tapan juga perlu disupport pengadaan dokter ahli. “Saat ini RSUD Tapan tidak punya dokter ahli, sehingga untuk pelayanan khusus, harus dirujuk ke RSUD M Zein Painan dan atau ke RSUP M Djamil Padang,” jelasnya. “Kasihan pasien terlalu lama di jalan, karena jarak Tapan dengan Painan atau Padang itu sangat jauh,” tambahnya.

“Dengan RSUD Tapan tanpa dokter ahli, sama artinya rumah sakit ini baru sekelas Puskesmas, yaitu Puskesmas besar,” tegas Novermal.

Ditegaskan Novermal, RSUD Tapan minimal diisi oleh tiga doktet ahli pelayanan utama, yaitu Ahli Penyakit Dalam, Ahli Kandungan, Ahli Bedah, dan Ahli Anak, serta Ahli Anestesi. “Kalau kebutuhan lima dokter ahli ini terpenuhi, baru RSUD Tapan itu bisa dikatakan rumah sakit,” tegas Novermal. “RSUD Tapan ini nyawanya masyarakat Pessel Bagian Selatan,” tegas Novermal lagi.

“Sekali lagi, saya minta pak Bupati dan pejabat terkait serius urusnya ke Menteri Kesehatan,” pungkas Ketua Fraksi PAN DPRD Pessel itu.

Segera Menghadap Menkes

Menanggapi kondisi tersebut, Bupati Rusma Yul Anwar mengatakan, segera menghadap Menteri Kesehatan di Jakarta. “Segera saya menghadap Menkes,” ujarnya via ponsel, Sabtu siang (27/3-2021). “Karena ini memang kebutuhan mendesak, dan harus segera dipenuhi demi pelayanan terbaik bagi masyarakat Pesisir Selatan,” tambahnya.

Dikatakan Rusma Yul Anwar, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Anggota DPR RI, Andre Rosiade yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Sumbar. “Saya sudah berkoordinasi dengan pak Andre Rosiade supaya disupport ke Menteri Kesehatan,” ujarnya. “Insya Allah dalam waktu dekat kami menghadap Menkes,” tegas Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Pesisir Selatan itu.

“Pelayanan kesehatan adalah salah satu perioritas dalam visi dan misi saya, dan kebutuhan dokter ahli ini adalah salah satu perioritasnya,” ujar Rusma Yul Anwar mengakhiri. (Suandi)