Pelukis Muda Hamdi Mubarak Pameran Tunggal Di Kota Pariaman

303

JURNAL SUMBAR | Pariaman – Maret Pelukis muda Hamdi Mubarak, 24 tahun, alumni Jurusan Seni Rupa,FBS (Fakultas Bahasa dan Seni) UNP (Universitas Negeri Padang), menggebrak Kota Pariaman dengan melakukan Pameran Tunggal dengan memamerkan 10 lukisan contemporary.

Pelukis muda berbakat itu, didorong oleh Walikota Pariaman DR. Genius Umar untuk terus berkarya sehingga dalam waktu yang tidak begitu lama, harus berani tampil di TIM (Taman Ismail Marzuki), agar tercatat sebagai pelukis nasional yang berasal dari Kota Tabuik—Kota Pariaman.

Dengan tema “Behind Women Violence”pelukis Hamdi Mubarak mengambil Bunga Mawar sebagai objek lukisan dengan pemaknaan bahwa perempuan adalah makhluk yang terindah dimuka bumi yang diciptakan Allah SWT. Akan tetapi keindahan itu, kemudian dirusak dengan kejam, dan dibelenggu oleh kekerasan.

Maka perempuan menjadi korban kebiadaban dan Hamdi mengingatkan, bahwa sebaliknya perempuan itu seharusnya mendapat perlindungan, kasih sayangdan cinta.

Pameran yang dibuka oleh Walikota Pariaman DR. H. Genius Umar, Jum’at (26/3/2021) sore itu akan berlansung sampai dengan tanggal 4 April 2021, di KopiDent, sebuah Coffeshop yang baru dilaunching akhir Januari 2021 lalu di Kampung Perak Kota Pariaman.

Walikota didampingi Asisten 1 Setda Kota Pariaman Drs. Yaminu Rizal,MSi, Kepala Inspektorat, Yota Balad, Kadis Pertanian dan Perikanan Drs. Dasril dan Drs. Muhammad Syukri, tampak hadir Ketua Kadin Kota Pariaman Jamohor SE, MM. Selain itu seniman lukis Piaman Kamal Guci yang berasal dari pakandangan dan Binjei Chaniago. dari Dewan Kesenian Kota Pariaman hadir Ketua Harian Andi Tahardidampingi sekretarisnya Drs. Jafreki dan puluhan seniman kota Pariaman lainnya.

Genius Umar mengungkapkan sejak tahun 60-an, baru ada di tahun 2021 Pameran Lukisan di Kota Pariaman, hal ini sangat membahagiakan. Sebagai pimpinan daerah Genius mengaku sangat apresiatif. Ia gembira anak anak muda kaum millineal Kota Pariamanmulai bangkit dan menggeliat dengan memunculkan ide ide kreatif dan sangat pemberani.

Hal ini ditandai dengan munculnya coffeshop KopiDent yang dikolaborasikan dengan Dental Care atau klinik Gigi, sebuah ide cemerlang yang dilahirkan oleh seorang mahasiswa kedokteran Unand Aliefya Putera Imansyah berdua dengan adiknya Adhiqhy Putera Imansyah mahasiswa Fakultas Hukum Unand.

Mereka berdua berani memfasilitasi sebuah Pameran Tunggal seorang pelukis muda Hamdi Mubarak. agusmardi