Perkuat Pendidikan Berkarakter, IAIN Batusangkar MoU dengan UBH dan UMSB

275

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Memperkuat Karakter anak bangsa yang memiliki wawasan keilmuan dalam dunia pendidikan sekaligus memasuki Era Kampus Merdeka yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI.

Untuk itu, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar terus merangkul beberapa Perguruan tinggi baik negeri, swasta, dan perguruan tinggi di Sumatera Barat serta luar Provinsi dalam mewujudkan alih staus IAIN Batusangkar menjadi UIN Batusangkar ke depan.

Seterusnya, IAIN Batusangkar merangkul Universitas Bung Hatta (UBH) dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) dalam bidang kemahasiswaan yang dituangkan dalam kerjasama Memorandum of Understanding (MoU).

Sementara, Rektor IAIN Batusnagkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengatakan, MoU yang dilaksanakan di Rocky Plaza Hotel Padang dalam upaya penguatan pendidikan berkarakter harus dimulai sejak dini, kalau nilai-nilai integritas dan pembentukan kepribadian positif dilakukan sejak dini, maka mahasiswa akan memiliki karakter kuat, dan dapat mempengaruhi status institusinya.

Ditegaskan nya lagi, mari kita kawal pendidikan dan menjadikan mahasiswa berada di garda terdepan,terlebih lagi Indonesia yang masih dilanda wabah Covid jangan sampai melemahkan pendidikan kita di Sumatera Barat, butuh kesadaran kolektif dalam mencerdaskan anak bangsa.

MoU IAIN Batusangkar antara UMSB di hadiri Rektor Dr. Riki Saputra, M.A didampingi ketua lembaga kerjasama UMSB Ir. Surya Eka Priana, M.T., IPP. Kemudian UBH dihadiri Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, M.B.A, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama .

Dr. Sirajul Munir, M.Pd. Mengharapkan MoU dapat memberikan keuntungan positif bagi kemajuan dunia pendidikan Sumbar yang akan mampu memperluas Pengabdian dan Publikasi Ilmiah, semacam Join Seminar, kolaborasi penelitian, antara IAIN Batusangkar, UBH dan UMSB untuk mewujudkan IAIN Berkearifan Lokal dan Bereputasi Global – habede.