Fasilitasi Mahasiswa Kurang Mampu, IAIN Batusangkar MoU dengan Baznas Provinsi Sumbar

69

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar , Minggu( 28/2) melakukan Nota kesepahaman atau Memorendum of Understanding (MoU) dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Barat.

Kedua institusi itu berkomitmen menekan angka kemiskinan di Sumbar di bidang pendidikan sehingga tidak ada lagi kendala pembiayaan melanjutkan kuliahnya di Perguruan Tinggi.

Dr. Marjoni Imamora, M.Sc selaku Rektor IAIN Batusangkar mengatakan dengan MoU, IAIN Batusangkar dengan BAZNAS SUMBAR, bisa memberikan dampak positif bagi mahasiswa keluarga kurang mampu yang memiliki prestasi terkendala biaya pendidikan.

Dengan topik, ‘ Kerjasama Optimalisasi Pengelolaan Zakat Perguruan Tinggi untuk Sukses Kuliah Mahasiswa Keluarga Kurang Mampu ‘, Kerjasama itu bertujuan mengoptimalkan pengelolaan zakat pada perguruan tinggi, sebut Marjoni, terutama IAIN Batusangkar merupakan kewenangan Baznas Sumbar untuk distribusikan dan diberdayakan bagi kelancaran dan kesuksesan perkuliahan mahasiswa keluarga kurang mampu.

Dikatakan Marjoni guna memaksimalkan kerjasama perlu dukungan penuh Baznas Sumbar kepada IAIN Batusangkar dalam memaksimalkan kerja sama.Di segi, sambung Marjoni, IAIN bisa bermitra dalam kegiatan sosialisasi, publikasi, seminar dan forum ilmiah lainnya, dan juga dalam kegiatan pengabdian masyarakat, tanggap bencana, peningkatan kesejahteraan keluarga miskin, magang dan pelatihan lain.

Aktivitas penandatangan MoU antara IAIN Batusangkar dengan Baznas dihadiri langsung ketua Baznas Prof. Dr. Syamsul Bahri Khatib, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Dr. Sirajul Munir, M.Pd .

Sirajul menyebutkan MoU dapat memberikan keuntungan positif bagi kemajuan dunia pendidikan di Sumbar, diharapkan bantuan Baznas bermanfaat bagi mahasiswa IAIN batusangkar dalam menyelesaikan kuliah untuk meraih profesi Ulama yang bermanfaat bagi bangsa, negara dan agama – habede.