Dibuka Bupati Benny, 40 Pemangku Adat di Dua Nagari di Kabupaten Sijunjung Ikuti Pelatihan

617

Bupati Benny Dwifa Yuswir saat menyapaikan kata sambutannya

JURNAL SUMBAR | Padang – Sebanyak 40 peserta pemangku adat di dua nagari di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, ikuti pelatihan. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP.M.Si.

Pelatihan Pemangku Adat se-Kabupaten Sijunjung angkatan ke-II tahun 2021 di Hayam Wuruk (HW) Hotel Padang, dilaksanakan selama tiga hari Kamis-Sabtu (1-3 April 2021).

Pelatihan yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung diikuti 40 peserta berasal dari Pemangku Adat Nagari Mundam Sakti sebanyak 20 orang dan Nagari Tanjung 20 orang.

Bupati Benny Dwifa dalam sambutannya mengharapkan, dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan pemahaman untuk menguatkan fungsi dan peran kelembagaan adat di nagari.


Para peserta serius ikuti acara

“Dengan adanya pelatihan ini, pemangku adat dapat menerapkan konsep”Tungku Tigo Sajarangan dan Tali Tigo Sapilin”. Sehingga nantinya akan nampak peran dari lembaga ini dalam mendukung pelaksanaan program pemerintah Kabupaten Sijunjung,”ucapnya.

Untuk itu lanjut nya, diperlukan penguatan kapasitas bagi pemangku adat dengan memiliki kompetensi dalan mempertahankan nilai nilai adat istiadat serta budaya yang ada.

“Diharapkan juga kepada pemangku adat, mari kita bersama sama melakukan pembinaan, bimbingan serta pemahaman kepada masyarakat dan cucu kamanakan yang nantinya menjadi pewaris dalam pelestarian adat istiadat dan budaya alam minangkabau sesuai dwngan petatah “Ndak Lakang dek Paneh, Ndak Lapuak dek Hujan”,harap Bupati Benny Dwifa.

Kegiatan tersebut juga dihadir anggota DPRD Sijunjung, Sasmi Ultriadi dan Amlasta Boy, Kadis DPMN, Khamsiardi, SSTP.M.Si, Camat IV Nagari, Nasrul, S.pd dan Sekcam Koto VII, Syamsuhir. “Kegiatan ini adalah Pokirnya dewan, kami hanya melaksanakan,”kata Kadis DPMN, Khamsiardi, SSTP.M.Si, pada Jurnalsumbar.Com jelang acara itu berlangsung, Kamis (1/4/2021) via telepon selularnya.andri/*