Dihadiri Dua Mantan Bupati, Hari Jadi Pesisir Selatan Diperingati Secara Sederhana

366

JURNAL SUMBAR | Painan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, (DPRD)  Pesisir Selatan, menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke-73, Kamis (15/4/2021) di ruang rapat DPRD setempat.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD, Ermizan, didampingi Wakil Ketua, Aprial Habbas beserta anggota DPRD lainnya, dihadiri tokoh masyarakat sekaligus Bupati Pesisir Selatan, 1995-2005,  Darizal Basir, dan Bupati Periode 2005-2015 Nasrul Abit.

Pada kesempatan itu, hadir Bupati Rusma Yul Anwar, Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah, Anggota DPR RI,  Forkopimda, kepala perangkat daerah, tokoh masyarakat, tokoh perantau, niniak mamak, alim ulama, bundo kanduang, dan undangan lainnya.

Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen mengatakan, peringatan Hari Jadi Kabupaten yang dilaksanakan setiap tahunnya merupakan momen penting bagi daerah dan masyarakat untuk meningkatkan semangat membangun daerah.

“Peringatan Hari Jadi Kabupaten ini hendaknya juga dijadikan sebagai evaluasi dan semangat bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan pembangunan dalam rangka menciptakan kesejahteraan masyarakat kedepan,” ucapnya.

Dalam kesempatan Ketua DPRD menantang Bupati Rusma Yul Anwar, untuk memacu peningkatan ekonomi dan pendapatan asli daerah (PAD) dengan mengembangkan potensi kelautan dan perikanan dan sektor pariwisata.

Pesisir Selatan memiliki potensi laut dan pariwisata. Saya tantang saudara bupati untuk mengembangkannya sebagai andalan peningkatan ekonomi dan PAD,” kata Ermizen.

Bupati Rusma Yul Anwar dalam sambutannya mengatakan,  tanggal 15 April 1948 merupakan hari bersejarah, dimana saat itulah terbentuknya Kabupaten Pesisir Selatan.

Disebutkan, momentum Hari Jadi Kabupaten ini hendaknya sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan usianya yang ke 73, maka pemerintah daerah terus berbenah dan meningkatkan pembangunan baik fisik, mental maupun sumberdaya manusia yang berkualitas.

“Itu merupakan komitmen pemerintah daerah kepada masyarakat. Ke depan pemkab akan meningkatkan kualitas pendidikan dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, derajat kesehatan masyarakat serta ekonomi kerakyatan,” katanya.

Lebih lanjut, dikatakan pihaknya menyadari saat ini keuangan daerah dalam kondisi sulit akibat pandemi covid 19.

Untuk itu pihaknya dalam bulan ini telah melakukan safari ke sejumlah kementerian guna menjalin komunilasi dengan pemerintah pusat.

“Untuk memacu pembangunan pemkab terus menggaet dana pusat dengan mengajukan  program ke kemenyerian,” katanya.

Dikatakan, sekarang pihaknya sudah bertemu denhan sembilan orang menteri kabinet Presiden Joko Widodo. Diantaranya, yang terbaru bertemu Menteri Koperasi dan UKM, Menterì BUMN, Meteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Minggu depan saya rencanakan bertemu  dengan menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Menteri Sosial,” ungkapnya.

Sementara tokoh masyarakat Pesisir Selatan yang juga Anggota DPR RI, H.Darizal Basir mengawali sambutanya mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke-73.-

“Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ini hendaknya menjadi momentum bergembira, refleksi tentang sejauhmana capaian pembangunan, sekaligus tantangan dan strategi daerah menjawab berbagai persoalan yang ada,” ucapnya.

Menurutnya, Pesisir Selatan tidak tumbuh dan berkembang dalam sekejap, akan tetap membutuhkan waktu yang panjang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga menyampaikan bahwa kepemimpinan baru Bupati Rusma Yul Anwar dan Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah dihadapkan dengan situasi sulit yaitu Pandemi Covid-19 dan keterbatasan anggaran.

Terkait hal itu, maka bupati diminta untuk bangun relasi dan lobi secara intenisf ke pemerintah pusat untuk mendapatkan program pembangunan yang dibutuhkan daerah . Pihaknya juga mengapresiasi langkah cepat bupati menemui sejumlah menteri menyampaikan usulan program yang bisa dibawa ke Pesisir Selatan.

“Mari bergandengan tangan membangun daerah..Pemerintah daerah tidak bisa berjalan sendiri menjalankan fungsinya, tetapi membutuhkan dukungan dari segenap elemen masyarakat. Selain itu, kita berharap Pandemi Covid-19 segera berakhir.,” harapnya.R