Secara Maraton Tim KPP dan IPP Sijunjung Bakal Lakukan Penilaian Terhadap Kinerja OPD

1009

Kabag Organisasi Setdakab Sijunjung, Wandri Fahrizal

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Setdakab Sijunjung, Wandri Fahrizal, SH, mengatakan, mulai Senin (17/5/2021) hingga tigapekan kedepan secara maraton Tim Penilaian Kompetisi Pelayanan Prima (KPP) dan Inovasi Pelayanan Publik (IPP) tingkat Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat akan melakukan penilaian terhadap kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di daerah itu.

“Untuk tahap awal mereka (OPD-red) itu melakukan penilaian sendiri (penilaian mandiri-red). Penilaian tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang efektif, efesien dan responsif,”ucap Wandri Fahrizal, SH, yang juga Sekretaris Tim Penilaian Kompetisi Pelayanan Prima (KPP) dan Inovasi Pelayanan Publik (IPP) tingkat kabupaten itu kepada Jurnalsumbar.Com, Selasa (18/5/2021).

Kontestan 15 besar akan dilakukan penilaian oleh Tim Independen. “Sepenuhnya nanti akan kami serahkan pada lima orang tim penilai dan kami tidak akan mengintervensi hasil penilaian tim terhadap kontestan 15 besar itu,”jelas Wandri.

Disebutkan Wandri, jauh sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung, Sumatera Barat, telah membentuk Tim Penilaian Kompetisi Pelayanan Prima (KPP) dan Inovasi Pelayanan Publik (IPP) tingkat kabupaten.

Tim Penilaian KPP dan IPP itu berdasrkan surat keputusan (SK) Bupati Sijunjung, bernomor; 188.45/30/KPTS-BPT -2021 tertanggal 4 Januari 2021 dengan Penanggungjawab Sekretaris Daerah, Zefnihan, AP, M.Si.

Sedangkan Ketua dijabat Asisten Arministrasi Umum, dr. Edwin Suprayogi, M.Kes dengan sekretaris Wandri Fahrizal, SH.

Sementara tim penilai beranggotakan lima orang, terdiri dari, Hidayatullah (Ketua MUI Sijunjung), Zikri Alhad, S.IP, MA (Dosen FIS UNP Padang), Fajar Zeftrian, SE (Ketua Forum Kabupaten Sehat), Saptarius (Wartawan) dan Dra.Wenny Libra (Pengawas Pemerintah Muda Inspektorat).

Tak hanya itu, Tim Penilaian KPP dan IPP juga beranggotakan, Leni Delfia, SE (Kabid Litbang Bapppeda), Rahmawati, SE (Kasubag Pelayanan Publik dan Ketatalaksanaan Setda), Mega Asbut, SE, M.Ikom (Kasi Tatakelola Teknologi Informatika Dinas Kominfo), Winda Fitri Novrita, S.AP ( Fungsional Umum Bagian Organisasi Setda), Dodi Kurniawan(Fungsional Umum Bagian Organisasi Setda) dan Yatri Susanti, SE (Fungsional Umum Bagian Organisasi Setda).

Kabag Organisasi Setda Sijunjung yang juga sekretaris Tim Penilai, Wandri Fahrizal, SH, menyebutkan, bahwa tujuan kegiatan itu untuk memetakan seluruh unit pelayanan publik dalam rangka pemenuhan sarana dan prasarana sesuai UU nomor 25 tahun 2009.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka 100 hari kerja bupati-wakil bupati,”kata Wandri Fahrizal.

Hal senada juga disampaikan Sekdakab Sijunjung, Zefnihan.

“Kegiatan tersebut juga untuk menjaring, mendokumentasikan, mendisiminasikan, dan mempromosikan inovasi sebagai upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik”.

“Tujuan kegiatan tersebut untuk memberi apresiasi dan penghargaan bagi penyelenggara pelayanan prima dan berinovasi yang ditetapkan sebagai pemenang. Selain itu, bertujuan untuk memotivasi penyelenggara pelayanan publik untuk meningkatkan inovasi dan profesionalisme dalam pemberian pelayanan publik serta dalam upaya meningkatkan citra penyelenggara pelayanan publik. Poling yang dimuat Jurnalsumbar.Com juga sangat membantu dalam kegiatan ini,”ucap Zefnihan, Selasa (18/5/2021) malam via telepon selularnya.

Diketahui, jadwal penilaian berupa penilaian sarana dan prasarana dilakukan pada bulan Mei hingga Juni 2021 dan penilaian Inovasi dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus 2021.

“Penilain itu nanti akan dilakukan tim Independen,”tambah Wandri Fahrizal.ius