Tangani Covid-19, Pemkab Tanah Datar Siapkan Rumah Isolasi Mandiri di Nagari-nagari

132

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Menjawab eksistensi pengadaan rumah isolasi mandiri bagi warga terkonfirmasi positif Covid – 19 di lima nagari di Kecamatan Limokaum. Empat nagari sudah memiliki lokasi isolasi, dan satu masih  dalam tahap penjajakan.

Ketua satuan tugas penanggulangan covid kecamatan Limokaum Hendra menjelaskan hal itu, Selasa(15/6) kepada insan pers di Batusangkar.

Empat nagari yang telah memiliki rumah isolasi mandiri, sebutnya, adalah nagari Limokaum berlokasi di belakang kantor wali bersangkutan. Nagari Baringin memiliki dua lokasi, di jorong Kampung Baru dan jorong Bukit Gombak.

Rumah isolasi mandiri di jorong Kampung Baru digunakan untuk warga terkonformasi khusus perempuan, dan di jorong Bukitgombak bagian laki-laki yang terinfeksi covid, tutur Hendra yang juga camat Limokaum itu.

Kemudian ,nagari yang juga telah memiliki rumah isolasi adalah nagari Cubadak dan nagari Parambahan.Satu nagari lagi masih menjajaki lokasi , yaitu, nagari Labuah.In Sha Allah awal bulan Juli 2021, rumah isolasi mandiri di lima nagari akan selesai dan bisa dimanfaatkan.

Disediakannya  rumah isolasi mandiri, sebut Hendra, merupakan instruksi bupati Tanah Datar Eka Putra S.E kepada wali nagari agar menyiapkan rumah isolasi mandiri guna menampung warga terkonfirmasi positif covid.

Eka Putra selaku bupati Tanah Datar melalui kabag humas kantor bupati Drs Yusrizal M.Si ketika dikonfirmasi awak media, Selasa(15/6) mengatakan, pembentukan rumah isolasi mandiri bertujuan menampung warga terkonfirmasi positif yang ada di nagari setempat.

Dewasa ini, 75 nagari di Tanah Datar sedang menjajaki dan membentuk rumah isolasi mandiri, sehingga nantinya rumah isolasi diharapkan bisa menampung warga yang terkonfirmasi positif Covid – 19, kata kabag humas.

Pada keterangan lain, menyinggung warga Tanah Datar terkonfirmasi positif covid, hingga Selasa(15/6) sudah mencapai 2.382 orang, 1.922 dinyatakan sembuh dan 73 orang meninggal dunia.Saat ini, Tanah Datar masih dalam zona Orange , tutur Yusrizal.

Untuk menekan angka konfirmasi positif Covid di Tanah Datar, Kabag humas Yusrizal meminta masyarakat disiplin menerapkan Protokol kesehatan (Prokes) 3M, Memakai Masker, Mencuci Tangan pakai sabun dan Menjaga jarak ditambah Menghindari Kerumunan dan selalu siap sedia dengan Hand Sanitizer – habede