Dua Walinagari di Lengayang Dilantik Camat, Zarfi Deson Ingatkan Untuk Membina Masyarakat

303

JURNAL SUMNAR | Pessel – Angota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Zarfi Deson, SH mengatakan bahwa jabatan Walinagari bukan sarana pembalasan dendam, tapi sebagai pengayom, menghimpun semua komunitas masyarakat untuk membangun kenagarian yang dipimpin.

“Pesan Alquran, “Janganlah kebencianmu kepada satu kaum menjadikanmu tidak berlaku adil (terhadap mereka)”. Bahkan berusaha untuk menzalimi mereka. Dalam kearifan budaya kita biduak lalu kiambang batauik dengan arti, setelah pemilihan Walinagari selesai kembali meningkat persatuan dan kesatuan masyarakat yang kita pimpin,’ ujar Zarfi Deson, anggota fraksi Golkar DPRD Sumbar itu kepada media ini, usai pelantikan Afrial Yalmi Spdi sebagai Wali Nagari Kambang timur dan Afrizal datuak Bagindo Kayo sabagai walinagari Lakitan utara, di Kantor Camatan Lengayang, Kamis (22/7/2021).

Diharapkannya, dua walinagari yang dilantik dapat melaksanakan tugas dan mulailah menata dan membina diri. Kemudian menata dan membina masyarakat.

“Betapa tersiksanya perasaan pesaing Pak Wali terpilih manakala jika duduk di kursi “empuk” tidak bersikap rendah hati,”ujarnya.

Menurut Anggota DPRD Sumbar Komisi 1 ini jabatan Walinagari bukan keistimewaan tapi tanggung jawab; ia bukan fasilitas tapi pengorbanan; ia bukan leha-leha tapi kerja keras; ia juga bukan kesewenangan bertindak tapi kewenangan melayani; ia adalah pelopor keteladanan berbuat.

Pada kesempatan itu, Camat Lengayang Zoni Eldo mengambil sumpah jabatan dua Walinagari terpilih. Selain dihadiri anggota DPRD Sumbar, Zarfi Deson SH. juga turut hadir, Kadis Pendidikan Pessel, Suhendri dan Forkopimcam dan wali nagari se-Kecamatan Lengayang.

Camat Lengayang Zoni Eldo berpesan kepada walinagari yang dilantik agar mengembang amanah dan kepercayaan yang diberikan rakyat dengan segenap kemampuan dan kesanggupan.

“Jangan disia-siakan Amanah dan kepercayaan yang diberikan rakyat, tidak saja dipertanggungjawabkan di atas dunia, tapi juga di makamah Tuhan. Justru itu, tunaikan dengan segenap kesanggupan, selaku pemimpin rakyat dan nagari, dituntut kemampuan dan kemauannya memajukan pembangunan bersama masyarakat dan lembaga yang ada, karena pembangunan bermuara kepada peningkatan ekonomi,” ujarnya.

Sementara Zarfi Deson selain menghadiri pelantikan Walinagari di Lengayang, juga bersilaturahmi dengan Wali Nagari Pasar Surantih dan Amping Parak Timur, dimana di hari yang sama di Kecamatan Sutera juga menggelar pelantikan Wali Nagari tersebut, terakhir anggota dewan rumah bagonjong Khatib Sulaiman ini juga menyambangi Kantor Wali Nagari IV Koto Hilie.agusmardi