Atlit IPSI Kota Padang Latih Tanding ke Musi Banyuasin, Zulhardi: Dispora Diminta Buat Terobosan Bentuk PPLPD

559

JURNAL SUMBAR | Banyuasin – Ketua IPSI (Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia) Kota Padang, Zulhardi Latif mendesak Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) membuat terobosan untuk membentuk Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Cabang Pencak Silat.

“Dispora Kota Padang tidak ada terobosan untuk menciptakan atlet handal, pada hal di cabang olahraga tradisi bangsa ini pada Porprov Sumbar telah berkali-kali mengharumkan nama Kota Padang, bahkan di cabang ini selalu juara umum,” ujar Zulhardi Z Latif usai mendampingi atlit IPSI Kota Padang latih tanding ke Kabupaten Musi Banyuasin, Sabtu (21/8/2021).

Menurutnya, dengan adanya PPLPD Pencak Silat Kota Padang bakat olahraga pelajar akan dikembangkan oleh para pelatih profesional supaya kedepan bisa menjadi atlit handal mewakili Kota Padang pada ajang kejuaraan regional maupun nasional.

Ketua Pengcab IPSI Kota itu, mengungkapkan, meski dirinya mendampingi atlit IPSI Kota Padang latih tanding ke Musi Banyuasin, tapi dirinya juga melakukan studi banding di Musi Banyuasin sehingga dirinya dapat memahami kiat-kiat pengelolaan PPLPD di kabupaten tersebut.

Sebab kata Zulhardi, yang juga anggota DPRD Kota Padang ini, PPLD Musi Banyuasin juga dianggarkan dalam APBD Kabupaten Musi Banyuasin. Hal ini mestinya bisa juga dilakukan Dispora Kota Padang.

“Kalau atlet silat Kota Padang sudah punya Pusat Pelatihan Daerah, tentu mereka bisa berlatih secara kontiniu dan punya pelatih yang akan melatih secara kontiniu. Jadi kita tidak saat lomba saja berlatih,” ujar Zulhardi.

Dalam kesempatan latih tanding atlit IPSI Kota Padang ini, Zulhardi mengatakan IPSI Kota Padang memboyong puluhan atlet pencak silat Kota Padang, selain atlet laga juga atlet seni, yang pelaksanaannya dari 19 hingga 24 Agustus 2021 mendatang. Selama latih tanding, atlit IPSI Kota Padang mendapatkan ilmu yang luar biasa dan bisa dijadilan pelajaran bagi atlit dalam bertanding nantinya.

“Betapa tidal Musi Banyuasin adalah juara umum Porprov, pada Porprov Sumsel baru-baru ini, Musi Banyuasin mengalahkan juara bertahan Kota Palembang dan pada latih tanding itu atlit IPSI Kota Padang juga berhadapan dengan atlit Pencak Silat PON Sumsel,” terangnya dari Gelanggang Olahraga Kabupaten Musi Banyuasin.agusmardi
.