Jadi Duta Sumbar, Winda Arsiparis Padang Panjang Raih Peringkat Tiga Nasional

1194

Jadi Duta Sumbar, Winda Arsiparis Padang Panjang Raih Peringkat Tiga Nasional

JURNAL SUMBAR | Padangpanjang – Arsiparis Padang Panjang, Winda Desrah Maini, A.Md meraih peringkat tiga Lomba Arsiparis Teladan Nasional mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Arsip Nasional Republik Nasional (ANRI) menetapkan Pemenang Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2021, berdasarkan Keputusan Kepala ANRI Nomor 282 Tahun 2021 tentang Pemenang Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2021, Selasa (17/8/2021).

Winda adalah anak kedua, empat bersaudara, merupakan buah hati dari  Mawardi dan Ides warga Kampung Rantau Batu Ambacang Nagari Punggasan Utara Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan itu berhasil meraih peringkat 3 kategori Arsiparis Keterampilan.Kemudian peringkat 1 diraih dari Provinsi Jawa Tengah, peringkat 2 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pada Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2021 tersebut, Winda mampu mengalahkan perwakilan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Badan Pusat Statistik.

“Ini perjuangan yang sangat tidak mudah apalagi dimasa pandemi saat ini. Dengan melewati banyak perjuangan mulai dari tingkat kota sampai dengan tingkat nasional. Melewati berbagai rangkaian penilaian berupa Focus Group Discussion (FGD), presentasi dan wawancara, serta uji panelis.

Hasil yang didapatkan ini saya persembahkan untuk Sumatera Barat khususnya Kota Padang Panjang, dan saya mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dan doa dari Bapak Wali Kota, kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Padang Panjang, kabid Kearsipan dan rekan-rekan kerja di DPK. Serta dukungan semangat dan doa dari semua arsiparis se-Sumatera Barat,” tutur Winda disela-sela aktivitasnya, Jumat (20/08/2021).

Winda juga berharap bisa menjadi motivasi rekan-rekan arsiparis yang lain, dan bersama-sama memajukan kearsipan Kota Padang Panjang.

Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2021 dimulai sejak Juni 2021. Sebanyak 51 orang yang mendaftar, namun hanya 40 orang yang memenuhi syarat administrasi dan berhak untuk mengikuti babak penyisihan.

Babak penyisihan ini dilaksanakan pada Juli 2021, sebanyak 14 orang kategori keterampilan, dan 26 orang kategori keahlian. Menghasilkan 5 besar dari masing-masing kategori yang salah satunya Winda.R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here