Terputusnya Peningkatan Kapasitas Kader PKK se-Pessel, Zarfi Deson Realisasikan Dana Pokir untuk Pelatihan

271

Teks Foto: Zarfi Deson SH pada pembukaan pelatihan didampingi Kasi PMD Sumbar, Drs Akral

JURNAL SUMNAR | Padang – Terputusnya peningkatan kemampuan individu penggerak PKK Kecamatan dan Kenagarian di Kabupaten Pesisir Selatan selama masa pandemi Covid-19 melanda Indonesia, tak pelak kegiatan pemberdayaan PKK dalam mendukung tugas dan kegiatan wali nagari terabaikan, maka Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Zarfi Deson SH juga menginisasi pelatihan buat tim penggerak PKK.

Program Pemprov Sumbar yang berasal dari Dana Porkir Anggota Dewan Provinsi yang dititipkan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumbar, Rabu (1/9/2021) telah berlangsung di Hotel Basko Padang. Dalam pelaksanaannya dari Rabu hingga Jumat (1-3/9/2021) sebanyak 130-an peserta dari kecamatan dan kenagarian se Pessel mengikutinya.

Pada kesempatan pembukaan kegiatan tersebut, Zarfi Deson, anggota fraksi Golkar DPRD Sumbar dari Dapil 8 Sumbar (Pessel dan Mentawai) menekankan optimalisasi terlaksananya 10 program pokok PKK di Kecamatan dan Kenagarian ditentukan oleh kapasitas pengetahuan, keterampilan dan perilaku dan etika kerja dalam mengelola Tim Penggerak PKK di masing-masing tingkatannya.

Zarfi Deson menyebutkan Dana Pokirnya untuk pelatihan peningkatan kapasitas bagi pengurus dan kader PKK yang diperjuangkannya selaras dengan pencapaian sasaran pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD.

“Alhamdulilah keterlibatan PKK Kecamatan dan Kenagarian Se-Pessel dalam mengisi Pembangunan Pessel dapat dioptimalkan melalui pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader PKK ini,” jelasnya disela-sela pembukaan kegiatan tersebut, Rabu (1/9/2021) malam.

Menurutnya, dengan keterlibatan PKK dalam mendukung tugas dan kegiatan Wali Nagari maka diharapkannya peningkatan sumber daya manusia tidak terputus lagi.

“Oleh sebab itu, pelatihan kali ini kita harapkan ibu-ibu PKK bisa fokus dan serius selama mengikuti pelatihan ini. Kegiatan kita ini diorganisir oleh Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat dan Adat Dinas PMD Sumbar, Dra Hendrawati Roza, MSi,”terangnya.

Menanggapi kegiatan tersebut, Zarfi Deson memberikan apresiasinya atas semangat kader PKK se-Pessel dalam meningkatkan kapasitas pengetahuannya yang dilaksanakan Dinas PMD Sumbar.

“Dengan kondisi yang masih pandemi Covid-19, kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dibuka langsung oleh Kadis PMD Sumbar Pak Amasrul,”Imbuhnya. agusmardi