Pemkab dan TNI-Polri Sijunjung Targetkan Seribu Vaksinasi Sehari, Ini Ulasannya

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama TNI-Polri di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, bertekad melakukan percepatan vaksinasi di Ranah Lansek Manih.

Hal itu terungkap disaat upacara pemberian reward bagi sejumlah puskesmas dan polsek yang berhasil melaksanakan percepatan vaksinasi bagi warga Kabupaten Sijunjung.

Karena belum tercapainya sasaran, dari target 185.088 jiwa yang akan divaksin, maka terhitung pada Senin (10/10/2021), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama TNI-Polri di Kabupaten Sijunjung, bertekad setiap hari melakukan vaksin sebanyak seribu jiwa.

“Tekad kita seribu jiwa sehari dilakukan pemberian vaksin,”kata Kapolres Sijunjung, Sumatera Barat, AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, S.H, S.I.K, MH,  menjawab pertanyaan wartawan.

Bahkan, kata kapolres, ia bertekad hingga Desember 2021 realisasi vaksin sudah terealisasi sesuai dengan target. “Vaksin harga mati,”tegas kapolres.

“Kita akan saling bahumembahu untuk mengejar pencapaian target vaksinasi. Bisa saja dengan cara pemberian doorprize untuk mengajak masyarakat bervaksin,”kata Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si ketika itu.

Tak hanya itu, Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irawan, juga mendukung upaya yang dilakukan Pemkab Sijunjung bersama TNI-Polri dalam mengejar pencapain target vaksinasi di Sijunjung.

Untuk diketahui, dalam update vaksinasi Dinkes Sijunjung, Sumatera Barat, per-9 Oktober 2021, pencapaian vaksinasi tidak capai sasaran. Hal itu terpantau dari data yang disampaikan Kepala Dinas Kominfo selaku Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Sijunjung, Rizal Efendi,SE, via Whatsappnya, pada Minggu (10/10/2021) sore.

Sasaran untuk Lansek Manih itu sendiri sebanyak 185.088 orang. Namun yang terealisasi tidak mencapai target. Tahap I hanya terealisasi sebanyak 55.917 (30,2 %) dan tahap II hanya terealisasi 23.135 (12,5%).

“Ini seakan hanya tanggungjawab polisi saja dan hanya polisi yang bergerak dan bekerja bersama pihak puskesmas/medis. Yang lainnya, seperti Pemerintahan Nagari kemana,”kata Rizal
Efendi menjawab Jurnalsumnar.Com, Minggu (10/10/2021).

“Kasihan juga lah kita kok hanya polisi saja yang bersitungkin melaksanakan kerja dan tugas melakukan vaksinasi pada masyarakat. Yang lainya kemana,” tambah Rizal via telepon selularnya kala itu.

“Ayolah..secara bersama-sama kita meyakini dan mengajak masyarakat untuk bervaksin,”harap Rizal.

Epi

Ditambahkan Rizal, dengan tingkat vaksin sudah mencapai 30% lebih vaksin tahap 1 dan 12% lebih vaksin tahap 2.

“Pekerjaaan yang sangat bagus yang dilakukan oleh jajaran Polres Sijunjung serta Kodim beserta jajarannya, namun sangat diperlukan kesadaran masyarakat kita pentingya vaksin untuk kesehatan kita semua, diharapkan dukungan Pemerintah Nagari dan jajaran lebih berhasilnya pelaksanaan vaksin di masyarakat,”ungkap Rizal.

Untuk lebih lengkapnya, berikut sasaran vaksinasi secara keseluruhan dari target 185.088 orang itu. Kelompok SDM Kesehatan target 1.047 orang, terealisasi tahap I sebanyak 1.364 (130,3%) dan tahap II terealisasi 1.199 (114,5%).

Sasaran lainnya, yakni kelompok Petugas Publik dengan sasaean 13.990 dan tahap I terealisasi sebanyak 11.267 (80,5%) dan tahap II 7.578 (54,2%).

Selain itu, kelompok Lansia sasaran 18.271 vaksin, namun yang terealisasi pada tahap I hanya 3.404 (18,6%) dan tahap II hanya terealisasi 1.926 (10,5%).

Sedangkan kelompok masyarakat umum dan rentan dengan sasaran 125.740 vaksin dan terealisasi pada tahap I hanya 24.140 (19,2%) dan tahap II hanya terealisasi 11.096 (8,8%).

Untuk kelompok remaja dengan sasaran 26.040 vaksin. Pada tahap I hanya terealisasi sebanyak 15.742 (60,5%) dan pada tahap II hanya terealisasi sebanyak 1.336 vaksin (5,1%).

“Pencapaian tersesebut memang jauh dari harapan. Untuk mengejar capaian tersebut, ayo secara bersama-sama kita sukssskan, jangan hanya kawan-kawan dari kepolisian dan TNI saja yang bekerja. Mari kita bersama-sama bergerak,”tambah Kepala Dinas Kominfo selaku Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Sijunjung, Rizal Efendi,SE.

Untuk diketahui, selama kasus pandemi menguncang khususnya Kabupaten Sijunjung, sudah 2.511 orang warga Sijunjung terpapar positif Covid-19. Meski begitu, sebanyak 2.417 orang sembuh dari Covid-19. Selain itu, 72 orang warga di Ranah Lansek Manih meninggal.

“Saat ini , warga yang masih dalam pemulihan masih ada sebanyak 22 orang lagi,”tambah Rizal.

“Nah, sesuai himbuan Bupati Sijunjung, diharapkan kita selalu patuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dan Ingat selalu Patuhi Protokol Kesehatan, Ingat 5 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobiltas),”imbuh Rizal.

Pada kegiatan pemberian reward tersebut, juga dihadiri unsur forkopimda, Sekdakab Zefnihan, Ketua KONI Sijunjung, para Pimpinan Puskesmas, kapolsek, PJU dan para Kasat juga hadir. Kegiatan tersebut berlangsung sukses.ius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.