Perantau Sulit Air Fasilitasi Rang Kampuang Kembangkan Tanaman Hortikultura

227

JURNAL SUMBAR | Sulit Air – Koperasi perantau Sulit Air, yang tergabung dalam Holtikultura Saiyo Sakato Sulit air (Horsa) kecamatan X Koto Diatas, untuk sekian kalinya menanam berbagai bibit buah buah di negeri yang tandus terdapat banyak lahan tidur.

Atas inisiator perantau Sulit Air dari Bengkulu, Yurnalis menggerak kan tanaman Hortikultura sejak setahun terakhir cita citanya mulai dilirik oleh warga dan pemerintah kecamtan X Koto Diatas Kabupaten Solok

Penanaman bibit buah durian yang ditanami secara massal dan simbolis oleh Camat Riswandi di lokasi sentral pembibitan Talago Laweh Sulit Air, Rabu (13/10)

Tampak warga dan pejabat setempat menanam bibit buah durian, yang disiapkan sebanyak 100 batang Tompok Jorong Talago Laweh Nagari Sulit Air.

Penanaman bibit hortikultura, dihadiri oleh Camat X Koto Diatas dan Wali Nagari Sulit Air. Selain itu juga tampak menghadiri acara itu ketua BPN, KAN, MUI PKK Bundo Kanduang Nagari dan ketua Pokdarwis setempat.

Dalam kesempatan itu, juga diditri busikan penyerahan hadiah lomba ber – ” Cerita tentang Buyung Sobie Sobie ” yang populer di masyarakat Sulit Air.

Lomba cerita ” Buyuang Sobie Sobie ” diikuti oleh pelajar, mulai daru tingkat SDN, SMP, SMA yang diselenggarakan di kantor Koperasi Horsa baru baru ini.

Ketua Koperasi Horsa H Yurnalis, menyampaika adanya sentral pembibitan di negari Sulit Air ini, agar bisa membantu meningkat kan perekonomian masyarakat petani buah untuk 5 tahun ke depan.

Koperasi yang baru terbentuk itu pada masa mendatang akan memberi bantuan bibit hortikultura yang diberikan secara geratis asal ditanam dan dirawat oleh petani secara sungguh, katanya.

Menurut Yurnalis, Koperasi nanti yang akan membeli dan memasar kan hasil panen buah buahan sesuai dengan harga pasar saat itu.
Koperasi Horsa akan membuat kegiatan usaha lainnya untuk membuka lapangan pekerjaan untuk warga dan khususnya generasi muda agar ada penghasilannya.

Lapangan pekerjaan khususnya bagi warga yang putus sekolah akias Drop Out atau yang mengangur di kampung halaman Sulit Air.

Sementara, wakil pengurus Koperasi Etrasifel,Sp, dalam sambutan, mengungkapkan sudah ribuan jumlah bibit buah buahan yang dibagikan kepada masyarakat Sulit Air maupun masyarakat nagari tetangga di wilayah kecamatan x koto diatas Kabupaten Solok.

Selain itu juga diberikan kepada para guru sekolah yang mengajar di nagari sulit air. Bibit hortikultura yang dibagikan, berupa bibit buah Alpukat – jeruk – mangga – jambu kristal yang didistribusikan tiga bulan terakhir.

Semenjak, dicanangkan wadah dan gerakan amal jariah HORSA di nagari Sulit Air oleh Pemuda Hendrizon permata Sinaro sebagai penggerak dan inisiator awal kegiatan pembibitan Hortikultural nampaknya sangat positif ke depan, ungkap perantau warga Sulit Air di Jakarta.

Hendrizon tokoh pemuda yang di tunjuk dan dipercaya dengan timnya untuk.melola tanaman bibit hortikultura, agar berjalan baik dan lancar yang didukung oleh donasi yang datang dari bantuan dan sumbangan sukarela oleh para tokoh masyarajat dan perantau Sulit yang tergabung dalam perkumpulan Suit Air Seoakat (SAS)

Perkumpulan Warga SAS yang terdapat di 97 cabangnya di tanah air, maupun di luar negeri sudah memberi donasinya untuk pembibitan Hortikultura.

Gerakan penanaman Hortikultura, awalnya dimotivasi oleh Prof H Jurnalis Uddin CEO Yarsi di Jakarta dan H Yurnalis Nazar Prabumulih serta para pengurus DPP SAS lainnya, demikian laporan pewarta dari lokasi. – habede,ramon.