Festival Pesona Minang Kembali Digelar, Dipusatkan di Istano Pagaruyug

118

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Festival Pesona Minangkabau( FPM) yang sempat absen dua tahun lantaran Pandemi Covid 19, Sabtu (13/11) dan Minggu (14/11) kembali digelar yang dipusatkan di istana Pagaruyung. Demikian dijelaskan Kadis Parpora Tanah Datar A Hakim S.H, Rabu (10/11) dalam jumpa pers di gedung PKK Tanah Datar.

FPBM yang terbesar di Sumatera Barat ( Sumbar) itu bakal dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno akan dihadiri para pejabat tingkat Provinsi, Forkopimda Provinsi, forkopimda kabupaten/kota se Sumbar

Dalam pembukaan itu nanti,sebut Kadis Parpora Tanah Datar A Hakim, para undangan akan dibatasi hingga 200 orang saja.Setiap undangan dan pengunjung FBM harus mematuhi Prokes(Protokol kesehatan) dengan 3M,yakni, Memakai Masker, Mencuci Tangan pakai sabun, dan Menjaga jarak.

Di acara FPM itu, jelas A Hakim akan ditampilkan pula Tari piring yang diikuti 6.000 penari secara hybrid, dan virtual. Kita akan berupaya memecahkan rekor MURI dalam penampilan tari piring ini.

Bagi pengunjung FPM yang masuk ke Istano tidak ada hambatan, tetapi akan ditanya dan ditagih kartu bukti telah divaksin.Kalau tidak ada maka pengunjung tersebut diminta memvaksin diri kepada petugas Vaksinator yang telah disediakan panitia pelaksana di lokasi FPM, imbuh Kadis A Hakim didampingi Kabid Pariwisata Efrison dalam keterangan terpisah.

Sementara itu, Kadis Kominfo Tanah Datar Drs Abrar mengapresiasi eksistensi FPM yang sudah dua tahun terhenti kegiatannya.Kita bersama rekan wartawan yang berjumlah 70 orang di Tanah Datar siap menyebarkan informasi tentang FPM melalui medianya masing-masing.

Sedangkan Kebutuhan yang diperlukan wartawan untuk melakukan peliputan di lapangan, dapat menghubungi bapak Hijrah selaku wakil event Organizer (EO) Langgam tentang Kokarde dan lain- lain, tutur Abrar.

Selanjutnya, Hijrah Adi Sukrial selaku wakil EO merasa berbesar hati dengan hadirnya kembali FPM, karena FPM merupakan event pelaksanaan Pesona budaya Minangkabau yang terbesar dan disukai masyarakat.

Aktivitas FPM, ucap Hijrah, dilaksanakan dengan
menggunakan zoom dan live streaming yang didukung Dinas Kominfo Tanah Datar, Dinas Pariwisata Provinsi, serta melalui media sosial ( Medsos)- habede