MTQ ke-39 Sumbar, Kakan Kemenag Dedi Wandra Harapkan Kontingen Sawahlunto Bertahan di 10 Besar

155

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Sebanyak 52 orang kafilah kontingen MTQ Kota Sawahlunto akan berkompetisi pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Sumatera Barat ke-39 di Padangpanjang, 12 – 19 November 2021 mendatang.

Kepala Kantor Kemenag, Kota Sawahlunto Dedi Wandra menerangkan kontingen kota Sawahlunto merupakan putra – putri asli kota Sawahlunto dan tidak ada satupun yang berasal dari luar atau sengaja membuatkan kartu KK dan KTP kota ini.

“Sesuai arahan dari Walikota seluruh kafilah yang akan mengikuti MTQ harus berasal dari kota Sawahlunto ini,” kata Dedi Wandra Kamis (11/11/2021)

Dalam ajang kali ini, lanjut Dewa, kontingen Sawahlunto berjumlah 52 kafilah yang akan mengikuti 8 cabang pada 24 golingan. Sedangkan untuk nenerapa cabang lain, yaitu tafsir, kitab standar, karya tulis ilmiah, hafalan hadits dan bintang kasidah, kita tidak mengikuti.

Disinggung soal target, kemenag menegaskan bahwa kontingen tidak dibebankan target. Namun harus yakin dengan potensi dari masing-masing kafilah dengan persiapan yang dilakukan jelang MTQ digelar.

Lebih jauh Dedi Wandra menjelaskan untuk mempersiapkan kontingen telah dilalui tahapan seleksi sampai dengan pemusatan latihan selama enam bulan dan melakukan pemondokan sepekan bagi kafilah.

“Kalau pada MTQ yang lalu Kota ini berada di peringkat 9, semoga pada MTQ di padang panjang ini mampu bertahan di 10 besar,“harapnya. simamora