Pandangan Umum Fraksi Atas RAPBD Tanah Datar 2022, Ini Jawaban Bupati Eka Putra

350

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Menjawab pertanyaan fraksi dalam pandangan umum di DPRD tentang bagaimana peningkatan pendapatan daerah tahun 2022. Menurut bupati Eka Putra S.E akan mengoptimalkan pendapatan daerah, dan potensi daerah melalui objek-objek retribusi, pajak dan pendapatan lain.

Hal itu disampikan bupati dalam rapat paripurna Dewan yang dipimpin Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt. Bungsu bersama Wakil Ketua Saidani dan Anton Yondra dihadiri 25 anggota, Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPDl dan para kabag kantor bupati, Rabu (17/11) di ruang sidang gedung DPRD di Pagaruyung.

Seterusnya mengenai Program Unggulan (Progul), pemerintah daerah dalam merealisasikan target RPJMD, menurut Eka, target pencapaian RPJMD dan Progul pada tahun 2022 ditargetkan 25 persen dengan prioritas bidang tenaga kerja, koperasi UKM,Pariwisata, pertanian, informasi telekomunikasi, kesejahteraan rakyat administrasi dan pemberdayaan masyarakat.

Dikatakanya, pada rancangan APBD 2022 sudah mengalokasikan progul dalam upaya pemulihan ekonomi antara lain bantuan pembajakan sawah melalui brigade alsintan, asuransi ternak dan usaha tani padi, pelatihan UMKM dan bantuan modal UMKM.

Sekaitan dengan penyelesaian batas daerah antara Nagari Simawang dengan Nagari Bukik Kanduang kabupaten Solok, pada saat ini tim penegasan tapal batas menunggu jadwal dari tim penegasan batas dari Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri untuk verifikasi dan validasi data sesuai faktual masyarakat di lapangan.

Kemudian, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt.Bungsu menyebutkan pernyataan, pertanyaan dan saran yang disampaikan delapan Fraksi DPRD bertujuan untuk penyempurnaan Ranperda APBD 2022 yang pembahasan ditargetkan selesai akhir November 2021 mendatang.

Seterusnya, DPRD bersama TAPD akan melakukan pembahasan, Kamis – Rabu(18 s.d 24/11)depan, dan dilanjutkan dengan rapat paripurna pengambilan keputusan DPRD terhadap Ranperda APBD 2022.

Jawaban yang disampaikan Bupati Eka setebal 32 halaman merupakan tanggapan yang ditanyakan Jubir Fraksi – fraksi , yakni, Fraksi PPP dengan jubir Zulhadi, Fraksi PKS Abu Bakar, Fraksi Perjuangan Golkar Afriman Dt. Majo Indo, Fraksi Gerindra Afrizal, Fraksi Nasdem Adrijinil, Fraksi Demokrat Eri Hendri, Fraksi Hanura Wadrawati dan Fraksi PAN jubirnya Jasmadi – habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here