UNITAS Padang Jalin Kerjasama Program Studi Kewirausahaan dengan Dinas Perdagangan KUMKM Kota Padang Panjang

377

JURNAL SUMBAR | Padang – Dalam rangka mewujudkan program Walikota Padang Panjang tentang rumah kewirausahaan, Program studi kewirausahaan Fakultas Ekonomi bisnis Universitas Tamansiswa Padang melaksanakan kegiatan pendampingan program kewirausahaan dalam bentuk coaching clinic pada 30 usaha mikro se Kota Padang Panjang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9-11 Desember 2021.

Peserta kegiatan ini dibagi dalam 3 jenis kelmpok usaha, yaitunya, kuliner saji,

Kerajinan, dan kuliner kemasan. Kegiatan coaching kewirausahaan pada kegiatan pemberdayaan kelembagaan potensi pengembangan usaha mikro kota padang panjang dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan koperasi dan UMKM Kota Padang Panjang.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai dari tanggal 9 sampai 11 Desember 2021 lebih menitikberatkan pada beberapa hal tentang penguatan usaha mikro yang terdampak karena persoalan pandemo covid 19, sehingga Usaha mikro mampu memanfaatkan peluang yang ada.

Beberapa materi yang diberikan adalah manajemen pengelolaan keuangan dan pelaporan keuangan yang seharusnya, materi ini disampaikan oleh ibu Mega Putri Nolasary, Untuk materi manajemen pengelolaan usaha dan branding produk sampaikan oleh Sedangkan tentang pemanfaatan strategi digital marketing dalam memasarkan produk di masa pandemi dan materi bisnis plan atau rancangan bisnis disampaikan oleh Sepris Yonaldi.

Output dari pelaksanaan kegiatan ini adalah pertama tentunya pelaku usaha mikro di Kota Padang Panjang mampu mengelola usahanya dengan baik sehingga ketika ada persoalan krisis seperti saat Usaha mereka mampu bertahan dan tutmbuh tentunya dengan prinsip-prinsip pengelolaan manajemen yang benar yaitu efektif dan efisien serta berkreasi dan berinovasi, sehingga lahirlah ide-ide baru untuk menyelesaikan persoalan yang sedang ada.

Output kedua yang diharapkan dari kegiatan ini adalah pelaku usaha mikro ini mampu untuk membangun kemitraan dan kerjasama dengan seluruh stakeholders untuk pemanfaatan teknologi digital sebagai strategi memasarkan produk.

Direncanakan pada tahun 2022 kegiatan yang sama juga akan dilaksanakan antara program studi kewirausahaan Fakultas Ekonomi bisnis UNITAS Padang dengan Dinas Perdagangan koperasi dan UMKM Kota Padang Panjang.

Kegiatan pada tahun depan akan dilaksanakan dengan lebih baik lagi sehingga apa yang menjadi tujuan dan harapan dari masyarakat sebagai pelaku usaha mikro bisa dapat terpenuhi dan juga UNITAS taman siswa Padang sebagai perguruan tinggi kewirausahaan juga bisa mengaktualisasikan program-program yang sudah ada di masing-masing program studi terutama program studi kewirausahaan. (Tamansiswa Padang)