Giatkan Wisata Olahraga Padang Pariaman, Tano Fun Bike Adventure Digelar Akhir Pekan Ini

319

JURNAL SUMBAR | Padang Pariaman, – Menjelang pelaksanaan Tano Fun Bike Adventure Family Fun Bike H-3, sudah mendaftar kurang lebih 1.000 peserta. Tano Fun Bike Adventure Family Fun Bike digelar Minggu (19/12/2021) mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana Prof. Syahrial Baktiar, Kamis (16/12/2021) menyebutkan, start dan finish di Tanjung Wahana Tano Sungai Sariak di jembatan Lubuk Tano, Korong Buluah Kasok Nagari Sungai Sariak Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat. Rute Fun Bike dari Tanjung Wahana Tano – Koto Baru, Ambung Kapur, Lareh Nan Panjang Sungai Sariak, Balah Aie Utara, Balah Aie Barat, TK Model Limpato Sungai Bua, Pasar Sungai Sariak dan finish di Tanjung Wahana Tano. Total hadiah sebesar Rp 75 juta, sedangkan hadiah utama motor Yamaha NMX 155.

Dikatakan Syahrial Baktiar, kegiatan Tano Fun Bike Adventure dimaksudkan untuk menjadikan kampung di Tanjung Wahana Tano menjadi desa wisata, khususnya wisata olahraga. Dengan iven olahraga ini kita perkenalkan ke dunia wahana wisata Lubuk Tano. “Dengan ramainya orang datang ke Tanjung Wahana Tano melalui kegiatan olahraga Gopowes ini, diharapkan menjadi kampung wisata baru di Kabupaten Padang Pariaman,” kata Syahrial, guru besar Universitas Negeri Padang.

“Insya Allah, Funbike ini dilepas Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur,” kata Syahrial.

Owner Tanjung Wahana Tano Rudi Koto menambahkan, olahraga arung jeram dengan memanfaatkan arus sungai yang sudah ada. Selama ini sungai hanya dimanfaatkan untuk mengambil pasir dan kerikil. Kini sudah saatnya sungai dijadikan sebagai sarana olahraga dan wisata.
Wahana yang sudah dibangun fly fook, jelajah sungai (tubing adventure), camping round, spot foto/selfie, kolam renang, taman bunga, café and resto.

Sedangkan yang akan dibangun seperti kolam renang, arena panjat tebing, arena panahan, arena permainan anak dan berbagai macam wahana lainnya.
Pembina Pelaksana Khusnun Aziz juga menambahkan, funbike yang dilaksanakan ini awal dari gerakan wisata di Lubuk Tano. Ini sumbangsih terhadap pengembangan pariwisata di Kabupaten Padang Pariaman.

Di tengah pandemi Covid-19 yang menghantui dunia, sektor pariwisata perlu mendapat perhatian untuk dikembangkan. Alhamdulillah, ada putra dari Lubuk Tano yang mempelopori pengembangan kawasan ini.

Menurut Rudi Koto, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur sangat mengapresiasi dan mendukung pembangunan kawasan wisata Tanjung Wahana Tano karena bisa menjadi ikon wisata di Padang Pariaman. Karena wisata ini bisa meningkatkan ekonomi nagari dan menjadi sumber pendapatan nagari maupun daerah.

“Selain itu, Walinagari Sungai Sariak Zaiful Yudi dan Walinagari Koto Dalam Jolli Eriadi juga memberikan dukungan penuh terlaksananya Fun Bike ini,” kata Rudi Koto. Rel/Age