Gathering Bussines Ekosistem Desa, Sinergi Bersama BRI Membangun Indonesia dari Desa

84

JURNAL SUMBAR | Padang  | PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Regional Office Padang bersama Kantor Cabang Padang dan Kantor Cabang Khatib Sulaiman menggelar Bussines Gathering Ekosistem Desa dengan tema “Sinergi Bersama BRI dari Desa Membangun Indonesia”, Kamis (13/1) di Pangeran Beach Hotel.

Dalam kesempatan itu, Regional Micro Banking Head BRI Regional Office Padang Bambang Widihasmoro menyatakan BRI bersinergi dengan berbagai stakeholder dalam membangkitkan ekonomi masyarakat desa dan nagari.

Dia mengungkapkan tujuan kegiatan gathering ekosistem desa tersebut untuk menjalin hubungan yang baik dengan para pelaku. Juga untuk membangun kolaborasi dengan mengundang para narasumber dari pihak terkait seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kemudian Dinas Koperasi dan UMKM, juga narasumber terkait lainnya. Sementara peserta dihadiri Wali Nagari atau Lurah, pelaku UMKM, dan stakeholder lainnya.

“Dalam ekosistem desa tersebut terdiri pemerintah dan masyarakat desa, Badan Usaha Milik Desa/Nagari (BUMDes/Nag), serta klaster usaha yang terhubung dan mendukung satu dengan yang lain untuk menciptakan proses bisnis yang berkesinambungan pada suatu desa atau nagari,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, kegiatan itu juga untuk meningkatkan kerjasama dan kolaborasi antara BRI dan UMKM, dimana UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia.

“BRI siap memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat dan senantiasa memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya ekosistem desa dan UMKM di tengah kesulitan yang dihadapi akhir-akhir ini,” ungkapnya.

Dengan begitu, tentu BRI siap menjaga potensi desa dan membangun masyarakat desa. Walaupun makro bergejolak, masyarakat desa tidak dimajukan tidak ada artinya.

Dari acara ini, dia berharap ada kesamaan cara pandang di kemudian hari sehingga ada kegiatan perekonomian masyarakat yang dikolaborasikan antara teman-teman marketing di BRI.

Sementara Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Syuhandra berharap dari kolaborasi bersama BRI ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dia juga berharap ke depan dalam meningkatkan usaha UMKM tentu pihak BRI memperkenalkan programnya demi kepentingan masyarakat khususnya pelaku usaha.

“Pengembangan usaha perlu sinergi dengan perbankan ambil kredit. Ketika masyarakat yang membutuhkan dana tentunya harus perkenalkan program perbankan itu seperti apa,” katanya. Ipai