Gubernur Mahyeldi Minta PWI Perjuangkan Porwanas Tahun 2025 di Sumbar

132

JURNAL SUMBAR | Padang – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah minta PWI Sumbar agar memperjuangkan pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional-Porwanas tahun 2025 digelar di Ranah Minang.

Hal itu ditegaskan Buya Mahyeldi saat menerima pengurus PWI Sumbar, Senin (17/1/2022) di istana gubernuran.

Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus dan rombongan sengaja menemui Mahyeldi sekaligus menyampaikan undangan PWI dan panitia HPN pusat. Acara puncak HPN tahun 2022 di pusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara yang juga akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Tatkala membicarakan Porwanas, yang juga akan digelar tahun ini, di Malang Raya, Jawa Timur, Gubernur Mahyeldi bertanya sekali berapa tahun Porwanas ini digelar, kenapa ndak dibawa ke Sumbar. “Kita welcome,” ujar Buya. Mendengar hal itu, Heranof dan Basril Basyar, Ketua DKP tersenyum dan menyatakan siap akan memperjuangkannya.

“Ini gawe SIWO Sumbar untuk membahasnya pada Rakernas SIWO,” tukuk Zulnadi yang juga ikut mendampingi Ketua PWI Sumbar.

“Ya kita tugaskan Ketua Siwo Sumbar, Faisal Budiman melakukan lobi pada Rakernas Siwo di Kendari, Februari mendatang,” tegas Heranof.
“Pokoknya Sumbar tahun 2025 siap sebagai tuan rumah,” kata Basril Basyar yang lobinya ke pusat tidak diragukan lagi.

Gubernur Mahyeldi sepertinya ingin Sumbar senantiasa menjadi ajang pertemuan berskala nasional dan internasional. Tak terkecuali kegiatan olahraga yang melibatkan banyak atlet.

Gubernur yang Buya ini menyadari bahwa dengan berbagai event dan pertemuanlah usaha kecil dan menengah bisa berkembang. “Geliat UMKM harus terus kita pacu, dengan melakukan terobosan dan inovasi,” sebut Buya seraya menambahkan bahwa berbagai even dan kegiatan itu harus kita dukung bersama dalam bentuk anggaran.

Pertemuan pengurus PWI Sumbar dengan Gubernur, didampingi Kepala Dinas Kominfotik, Jasman Rizal. Dalam suasana diskusi itu Gubernur juga menyebutkan Sumbar fokus pada sektor pertanian plus tanaman jagung. Diktakan, pemprov tahun ini menganggark an 10% dari APBD 2022 untuk sektor pertanian agar ekonomi petani meningkat. Gubernur yang baru meluncurkan program Subuh Mubarokah bagi ASN ini juga akan memasyarakatkan hari Sabtu dan Minggu sebagai hari rekreasi dan olahraga keluarga Sumbar.rd/*